8 Langkah Bersihkan Mainan Anak Supaya Terhindar dari Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 481 2427360 8-langkah-bersihkan-mainan-anak-supaya-terhindar-dari-covid-19-3HOloyUt3o.jpg Ilustrasi mainan anak. (Foto: Freepik)

PANDEMI covid-19 di Indonesia dilaporkan makin buruk. Saat ini terjadi lonjakan kasus covid-19 di sejumlah daerah yang menyebabkan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit naik secara drastis.

Oleh karena itu, disiplin menerapkan protokol kesehatan dan bersikap bersih sangat diperlukan selama masa pandemi covid-19. Ini khususnya bagi para orangtua yang memiliki anak kecil.

Baca juga: Varian Baru Covid-19 Timbul karena Vaksinasi? Ini Faktanya 

Sebagaimana diketahui, anak kecil masih memiliki pengetahuan yang rendah mengenai situasi pandemi covid-19. Mereka juga memiliki mainan-mainan yang bisa menjadi perantara penularan virus corona jika tidak diawasi dengan baik oleh para orangtua. Tanpa disadari anak kecil kerap memasukkan mainan ke mulut dan sangat berisiko terinfeksi.

Merangkum dari unggahan akun Instagram Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Jumat (18/6/2021), berikut tips dan trik membersihkan mainan agar si kecil aman serta terhindari dari infeksi covid-19 saat bermain di rumah. Berikut ulasannya.

Mainan anak. (Foto: Pressfoto/Freepik)

1. Mainan yang bisa dicuci adalah yang terbuat dari bahan plastik keras.

2. Siapkan air hangat dan sabun.

3. Sikat mainan secara menyeluruh.

4. Setelah disikat, lalu bilas dengan air mengalir.

5. Rendam di larutan disinfektan selama 10–20 detik.

6. Bilas dengan air mengalir.

7. Biarkan mainan kering dengan sendirinya.

8. Simpan kembali di wadah yang bersih.

Baca juga: Penggunaan Masker Kain Tak Disarankan Jika Tak Dilapisi Masker Medis 

Para orangtua juga bisa membuat sendiri disinfektan untuk membersihkan mainan anak. Caranya dengan menambahkan 2 sendok makan (1 sdm = 15ml) larutan pemutih rumah tangga ke dalam 1 liter air (air tidak perlu dimasak).

Mainan yang dimasukkan ke mulut anak bisa dibersihkan dengan air dan sabun serta dikeringkan. Sementara mainan yang terbuat dari bahan kain, bisa dicuci dengan menggunakan air panas.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini