Menulis Ekspresif Baik untuk Kesehatan Mental, Apa Manfaatnya?

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 612 2427258 menulis-ekspresif-baik-untuk-kesehatan-mental-apa-manfaatnya-hfxeItTY8U.jpg Menulis (Foto: The denver post)

MENULIS dengan pena dan kertas memang baik untuk otak. Tapi ternyata menulis juga baik untuk kesehatan mental.

Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang berlatih menulis ekspresif atau expressive writing yaitu, menulis untuk membantu memahami pikiran dan emosi rupanya dapat memberi manfaat bagi kesehatan mental dan emosional.

 menulis

Menulis ekspresif juga mampu mengurangi stres, rasa cemas, dan depresi. Selain itu juga mampu digunakan untuk meningkatkan fokus.

James W. Pennebaker, Psikologi dan Profesor Regents Centennial di University of Texas, dalam penelitiannya tentang topik penulisan ekspresif menunjukkan, menulis jurnal tidak hanya meningkatkan rasa kesejahteraan mental saja.

Ia menyebut bahwa expressive writing juga bisa membawa manfaat fisik, seperti peningkatan fungsi kekebalan dan penyembuhan yang lebih cepat.

Menulis jurnal juga dapat membantu orang dengan ADHD memecahkan masalah dengan lebih efisien.

Biasanya, seseorang memecahkan masalah dari perspektif analitis otak kiri. Namun terkadang jawaban jawaban yang lebih baik dapat muncul dengan melibatkan intuisi yang berasal dari otak kanan. Menulis membuka sisi otak ini dan membawa peluang untuk solusi tak terduga.

Manfaatnya juga tidak terbatas hanya pada menulis kalimat lengkap saja. Mencoret-coret di atas kertas juga bisa memberikan rasa tenang dan membantu meningkatkan konsentrasi.

Kamu bisa mulai perjalanan penjurnalan dengan memilih pena dan kertas favorit, tidak perlu sesuatu yang mewah, tapi harus memilih alat yang membuat mudah dan menyenangkan untuk duduk dan menulis.

Untuk memulainya temukan waktu dan tempat di mana kamu tidak akan diganggu. Pennebaker menyarankan untuk memilih waktu di akhir hari kerja atau sebelum tidur.

Berkomitmen untuk menulis setidaknya 15 menit setiap hari. Setelah mulai, tulislah tanpa henti untuk memperbaiki ejaan atau tata bahasa.

Jika kehabisan hal untuk ditulis sebelum 15 menit, kamu dapat mengulangi apa yang sebelumnya sudah ditulis.

Soal apa saja yang ditulis, tidak ada ketentuan. Tulis saja apa yang ingin dikatakan, tidak ada aturan paten soal itu.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini