Sudah Gandeng Amerika, Terawan Kecewa Vaksin Nusantara Tak Boleh Dilanjutkan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 612 2427455 sudah-gandeng-amerika-terawan-kecewa-vaksin-nusantara-tak-boleh-dilanjutkan-ZQtayow54X.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH memang telah menghentikan uji coba vaksin Nusantara, setelah Kementerian Kesehatan, KSAD TNI, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tidak memberikan rekomendasi untuk melanjutkan uji coba tahap III.

Anggota Komisi VII DPR RI Adian Napitupulu pun penasaran, kenapa pemerintah tidak melanjutkan riset tersebut. Dia mempertanyakan, apakah ada kerugian yang sangat besar atau membahayakan negara, atau penduduk yang membuat vaksin Nusantara harus dihentikan?

Sebagai penggagas vaksin Nusantara, Terawan pun mengaku tidak mengetahui alasan di balik izin tersebut. Dia melanjutkan, sebagai seorang ilmuwan, dirinya cukup menyayangkan adanya anggapan-anggapan demikian. Sebab, bagi Terawan suatu riset itu adalah demokrasi ilmiah.

Terawan pun dengan gamblang mengutarakan telah melibatkan pihak Amerika Serikat dalam pengembangan vaksin Nusantara. Menurutnya, adanya pihak AS akan menguntungkan vaksin Nusantara dalam hal standarisasi bertaraf Internasional dan kualitasnya diakui di mata dunia.

"Perlu diingat, kami tidak bekerja sendiri. Sengaja, saya menggandeng Amerika supaya apa? Supaya standarisasinya sama dan tujuannya apa di kemudian hari? Apa yang kami kerjakan di Indonesia ini bukan sekadar standar Indonesia tapi standarnya juga mengacu pada luar sehingga kita juga nantinya diakui," ungkap dia.

Baca Selengkapnya: Terawan Ditanya Kenapa Vaksin Nusantara Dianggap Bahaya, Jawabannya Mengejutkan!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini