Covid-19 Melonjak, Dokter Ahli Rekomendasikan 5 Cara Kendalikan Pandemi

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 481 2427580 covid-19-melonjak-dokter-ahli-rekomendasikan-5-cara-kendalikan-pandemi-qouVl6JotN.jpg Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Shutterstock)

KASUS covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia dilaporkan melonjak secara drastis. Ini disebut-sebut dampak libur panjang bulan lalu. Kondisi ini pun dinilai sangat memprihatinkan, dan harus segera ditangani.

Dokter Erlina Burhan SpP (K), ahli pulmonologi dan kedokteran pespirasi (paru), mengatakan dari data grafik kasus harian terlihat angka kasus covid-19 terkonfirmasi mengalami peningkatan sangat tajam.

"Kasus covid-19 terkonfirmasi sejak Mei 2021 hingga saat ini terus melonjak naik. Mulai 14 Mei di angka 2 ribu, lalu melonjak pesat ke angka 9 ribu, dan kemarin 20 ribu kasus positif langsung pada Kamis 17 Juni," ujar dr Erlina Burhan dalam konferensi pers daring '5 Organisasi Profesi tentang Situasi Terkini Pandemi Covid-19 di Indonesia', Jumat 18 Juni 2021.

Baca juga: Psikolog Bagikan 3 Tips Jitu Cegah Depresi Akibat Covid-19 Melonjak 

Ia menegaskan inilah alasan pemerintah harus mengambil tindakan tegas mencegah sistem kesehatan negara menjadi runtuh alias kolaps.

"Harus take action, jangan sampai sistem kesehatan kita kolaps. Kalau kolaps, maka sistem yang lain juga akan kolaps, kayak sistem pendidikan, ekonomi," tambah dr Erlina Burhan.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

Melihat kondisi memprihatinkan saat ini di Indonesia, maka itu 5 organisasi profesi kesehatan di Indonesia yakni Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Insentif Anak Indonesia (PERDATIN), serta Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) mengeluarkan 5 poin dorongan dan rekomendasi.

Baca juga: Covid-19 Melonjak, Ketua IDAI Tidak Izinkan Anak-Anak Sekolah Tatap Muka 

1. Agar pemerintah pusat memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara menyeluruh dan serentak di Pulau Jawa.

2. Agar pemerintah atau pihak berwenang memastikan implementasi serta penerapan PPKM yang maksimal.

3. Agar pemerintah atau pihak berwenang melakukan percepatan dan memastikan vaksinasi tercapai sesuai standar.

4. Agar semua pihak lebih waspada terhadap varian baru covid-19 yang lebih mudah menular, mungkin lebih memperberat gejala, mungkin lebih meningkatkan kematian, dan mungkin menghilangkan efek vaksin.

5. Agar masyarakat selalu dan tetap memakai masker, manjaga jarak, mencuci tangan, tidak berpergian jika tak mendesak, menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan lainnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini