Rajin Cuci Tangan Langkah Ampuh Terhindar dari Pneumonia

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 481 2427595 rajin-cuci-tangan-langkah-ampuh-terhindar-dari-pneumonia-0o3Ic5co7g.jpg Ilustrasi cuci tangan. (Foto: Pvproductions/Freepik)

PNEUMONIA disebabkan terjadinya infeksi akibat bakteri, virus, atau kuman yang terkontaminasi dengan paru-paru sebagai organ pernapasan. Maka menjaga kebersihan adalah hal yang paling penting agar terhindar dari penyakit tersebut.

"Salah satu penyebab pneumonia adalah infeksi. Infeksi ini bisa disebabkan ketika kita bersinggungan secara langsung, atau tidak langsung dengan kuman," ujar dokter spesialis paru Wahyu Antono dalam webinar 'Cegah Pneumonia Sejak Dini', Jumat 18 Juni 2021.

Baca juga: Waspada, Pneumonia Masuk Lima Besar Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi di Dunia 

Ia melanjutkan, benda-benda di sekeliling bisa menjadi pemicu adanya bakteri. Misalnya memegang pintu, handphone, meja, kursi, hingga peralatan rumah sakit yang belum tentu benar-benar steril.

Oleh karena itu, kata dr Wahyu Antono, disarankan setelah memegang sesuatu segera membersihkan tangan. Bisa menggunakan hand sanitizer atau sabun, dan mencucinya dengan air mengalir.

Ilustrasi pneumonia.

Akan tetapi, baiknya setelah menggunakan hand sanitizer terlalu sering, maka disarankan mencuci tangan lagi supaya kulit tidak menjadi kering karena alkohol.

"Ketika sudah menggunakan hand sanitizer, maka disarankan mencuci tangan, karena nantinya tangan akan menjadi kering," terangnya.

Baca juga: Viral Kurir Bawa Bayinya saat Kerja di Jalanan, Hujan-Panas Dilalui Bersama 

Ia menerangkan, di masa pandemi covid-19 ini sebagian besar masyarakat sudah paham cara membersihkan tangan dengan baik dan benar.

Selain itu, mencuci tangan agar tetap bersih sudah menjadi kebiasaan supaya terhindar dari paparan covid-19. Sampai saat ini covid-19 justru bermutasi dan menciptakan varian baru.

Sebagaimana diketahui, pneumonia menjadi penyakit pembunuh kelima terbesar di dunia. Kemudian menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), pneumonia sebagai penyebab kematian bayi nomor 1 di dunia.

"Kalau dilihat dari berbagai penelitian, baik di dalam maupun luar negeri, juga kita lihat rata-rata pneumonia ini jadi salah satu penyebab kematian," pungkasnya.

Baca juga: Cek Fakta, Pakai Masker Sebabkan Pneumonia? 

Cuci tangan. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini