5 Manfaat Hula Hoop untuk Kesehatan, Cepat Turunkan Berat Badan Lho

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 612 2427730 5-manfaat-hula-hoop-untuk-kesehatan-cepat-turunkan-berat-badan-lho-XdtosoGUxK.jpg Ilustrasi main hula hoop. (Foto: Freepik)

HULA hoop pasti tidak asing lagi bagi Anda. Biasa dimainkan anak-anak kecil. Namun ada hal mengejutkan dari alat ini. Hula hoop ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, tepatnya mampu membantu menurunkan berat badan.

Hula hoop adalah alat yang bisa digunakan untuk mengecilkan pinggul, membakar kalori, dan juga memperkuat otot inti tubuh.

Baca juga: Demi Pecahkan Rekor Dunia, Wanita Ini Main Hula Hoop 75 Jam Nonstop 

Jika Anda bosan dengan rutinitas olahraga harian, menggunakan hula hoop sebagai sarana olaraga merupakan ide bagus. Ada berbagai ukuran dan berat hula hoop. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, maka sesuaikan dengan ukuran dan bobot dari alat tersebut.

Nah, apa saja manfaat hula hoop untuk kesehatan tubuh manusia? Berikut penjelasannya, seperti dilaporkan laman Times of India.

Hula hoop. (Foto: Freepik)

1. Membakar lemak dan mengencangkan tubuh

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh American Council, melakukan aktivitas hula hoop dengan intens rata-rata dapat membantu membakar 400 kalori per jam. Selain membakar lemak, latihan ini bisa membantu mengencangkan otot-otot di bagian tengah tubuh. Untuk melihat hasilnya, Anda perlu melakukan aktivitas setidaknya 10 menit setiap hari.

2. Menenangkan pikiran

Memutar hula hoop adalah aktivitas yang menyenangkan dan memicu respons rileks yang dapat menenangkan pikiran. Secara alami fokus Anda akan tertuju pada aktivitas tersebut untuk menjaga hula hoop tidak jatuh ke dasar tanah. Lakukan ini dengan ritme yang cepat memberikan rasa ketenangan dan membuat pikiran rileks.

Baca juga: Bukan Diet, tapi Insecure yang Bikin Cewek Ini Kurus 

3. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Seperti olahraga lainnya, hula hoop membutuhkan koordinasi tangan dan mata. Ini tidak hanya menantang otot, tetapi juga otak. Memutar lingkaran ke berbagai arah akan meningkatkan koordinasi tangan-mata Anda.

4. Memperkuat punggung

Memutar hula hoop bermanfaat memperkuat punggung dan dapat meningkatkan aliran darah ke tulang belakang. Tidak hanya itu saja, melakukan aktivitas hula hoop juga meningkatkan kelenturan tulang belakang.

Baca juga: Viral Cara "Kejam" MUA Tarik Wajah Keriput Jadi Muda Lagi Mirip Milea 

5. Baik untuk jantung

Hula hoop ternyata juga bermanfaat untuk jantung. Melakukan aktivitas ini selama 15 menit setiap hari bisa memperkuat otot jantung. Aktivitas ini juga akan memungkinkan jantung memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh secara lancar. Ini yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan baik juga untuk menurunkan tekanan darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini