Ketum IDAI: AstraZeneca Jangan Di-Bully, Kemampuannya Baik Tangani Varian Corona

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 612 2427766 ketum-idai-astrazeneca-jangan-di-bully-kemampuannya-baik-tangani-varian-corona-B4VuFSHyZm.jpg Ilustrasi Vaksin AstraZeneca. (Foto: Reuters)

BELUM lama ini AstraZeneca mengklaim bahwa vaksin covid-19 buatannya efektif mencegah gejala parah pasien dengan Varian Delta atau dikenal B.1.617.2 asal India. Pernyataan tersebut diungkapkan dalam laman resmi AstraZeneca.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Public Health England (PHE), Vaksin AstraZeneca efektif mencegah munculnya gejala parah sebesar 92 persen. Kemampuan tersebut akan muncul setelah seseorang mendapat dua dosis vaksin.

Baca juga: Cuma AstraZeneca yang Efektif Hadapi Varian Delta, Bagaimana 2 Lainnya? 

Meski demikian, saat ini masih banyak masyarakat yang takut dan khawatir terhadap vaksin buatan Inggris tersebut. Sebab sejak pertama kali diperkenalkan, Vaksin AstraZeneca menuai banyak masalah, mulai risiko pembekuan darah hingga sejumlah isu yang menyebutkan bahwa vaksin dapat menyebabkan kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) berat.

Vaksin AstraZeneca.

Tidak heran beberapa orang juga menjadi kurang yakin dan kerap merundung (bully) Vaksin AstraZeneca dengan serangkaian kabar yang beredar.

Baca juga: Ahli Sebut Vaksin AstraZeneca dan Pfizer Efektif Kurangi Keparahan Varian Delta Covid-19 

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr dr Aman Bhakti Pulungan SpA(K) FAAP mengatakan bahwa Vaksin AstraZeneca memiliki kemampuan baik menangani varian virus corona atau covid-19.

"AstraZeneca jangan di-bully. Jangan khawatir dengan vaksin ini," terang dr Aman dalam 'Konferensi Pers Perhimpunan 5 Profesi Dokter terkait Melonjaknya Kasus Covid-19 di Indonesia', Jumat 18 Juni 2021.

Dalam acara yang sama, dokter spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi (paru) Erlina Burhan SpP (K) MSc PhD mengatakan Vaksin AstraZeneca punya efektivitas yang baik, bahkan untuk Varian Delta Covid-19.

Baca juga: Vaksin AstraZeneca Bermanfaat bagi Lansia 

"Iya benar, padahal Vaksin AstraZeneca ini berdasarkan studi terbaru ternyata cukup efektif pada proteksi Varian Delta dengan persentasi di atas 90 persen," ungkapnya.

Tidak hanya efektif melawan Varian Delta Covid-19, data yang dihimpun PHE juga menyebutkan bahwa Vaksin AstraZeneca 86 persen efektif melawan Varian Alpha atau B.1.1.7 yang pertama kali ditemukan di Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini