Mau Kumpul? Dokter Ini Beri Pesan Menohok: Pastikan Juga Mau Dirawat di Mana

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 20 Juni 2021 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 481 2428044 mau-kumpul-dokter-ini-beri-pesan-menohok-pastikan-juga-mau-dirawat-di-mana-CjFZMa6v3I.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

KASUS Covid-19 di Indonesia terus meningkat, hal ini menjadi challenge karena layanan kesehatan harus terus ditingkatkan. Sebagian orang masih ada yang abai akan protokol kesehatan (prokes), sehingga menjadi kekhawatiran tersendiri.

Dokter Umum Rumah Sakit Universitas Indonesia (UI), dr. Randy Aliwarga menanggapi kejadian ini melalui akun Twitternya @dokterparu. Ia mencoba mengingatkan masyarakat yang masih saja berkumpul di tengah pandemi.

Pesan Dokter

"Pada masa wabah #COVID19, kalau mau bikin acara kumpulĀ², sebaiknya sudah dipastikan juga mau dirawat di mana kalau jadi pada sakit. Supaya planning-nya paripurna.

Jgn dadakan kek anak SD, ada tugas prakarya besok, baru inget & kasi tau ortu perlu lem UHU tengah malem," tulis dr. Randy dalam cuitannya itu.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih cermat, yaitu saat akan melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Hal ini guna agar tidak ada yang merasa dirugikan.

Misalnya, pergi ke tempat wisata. Meski di dalamnya sudah menerapkan prokes, namun tak menjamin keselamatan kesehatan wisatawan yang datang.

"Musti cermat bertamasya di masa wabah #COVID19. Klo ada harga tiket masuk taman rekreasi semurah apapun itu," tambahnya.

Baca Juga : Indonesia Terima 10 Juta Bulk Vaksin Covid-19 Tahap ke-17

Kemudian netizen langsung menanggapi cuitan dokter tersebut. Bahkan ada yang menceritakan, bahwa dirinya masih terpapar Covid-19 padahal sudah menahan diri tidak ikut berkumpul.

"Saya donk dok, udh nahan2 diri ga ikut kumpul2 malah ketularan covid dari orang rumah yg ketularan dari temen kantor nya šŸ˜­ apes bener dah..pdhl sy pnya asma dok," kata @he*****.

"Kalo yang agak elit dikit, sebelum dan sesudah acara pake swab. Tapi ya tetep aja bisa kecolongan," ujar @Th*****.

"iya beli tiket harusnya dapat voucher, eh VIP pass rumah sakit ya," kata @be*****.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini