Gary Iskak Idap Kanker Hati, Apa Saja Gejala Penyakitnya?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 20 Juni 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 481 2428057 gary-iskak-idap-kanker-hati-apa-saja-gejala-penyakitnya-YGJ84LP0i6.jpg Gary Iskak (Foto: Dok.Okezone)

KABAR mengejutkan datang dari aktor Gary Iskak. Lama tak muncul di layar kaca, Gary Iskak dikabar tengah berjuang melawan kanker hati.

Kabar sakitnya Gary Iskak ini diintip dari akun Facebook Toto Soegirwo. Dalam foto yang diunggah, terlihat Gary sedang terbaring lemah di rumah sakit menggunakan alat bantu pernapasan.

"Mohon do'a terbaik buat rekan dan sahabat kita aktor Garry Iskak yang saat ini sedang dirawat di RS Pertamina Pusat karena didiagnosa terkena penyakit sirosis atau kanker hati akut," tulis akun tersebut.

Gary Iskak

Kanker hati adalah kanker yang dimulai di sel-sel hati. Kanker ini terjadi ketika sel-sel hati mengalami perubahan (mutasi) dalam DNA. Mutasi DNA menyebabkan perubahan dalam instruksi proses kimia dalam tubuh. Salah satunya sel-sel mungkin bertambah di luar kendali dan akhirnya membentuk tumor yaitu massa sel kanker.

Baca Juga : Gary Iskak Sakit Kanker Hati, sang Istri Tulis Kalimat Cinta Romantis

Kanker hati terbagi menjadi 3 jenis yaitu karsinoma hepatoseluler, kolangiokarsinoma intrahepatik, dan hepatoblastoma. Jenis kanker yang paling sering terjadi adalah karsinoma hepatoseluler. Sedangkan dua jenis lainnya cukup jarang ditemukan.

Satu hal yang perlu diwaspadai adalah kanker hati di stadium awal sering datang tanpa gejala. Oleh karenanya disarankan untuk rajin melakukan medical check up dan skrining terutama bila memiliki faktor risiko.

Dilansir dari Mayoclinic, gejala kanker hati biasanya baru muncul saat kondisi sudah semakin parah. Gejalanya antara lain penurunan berat badan secara tiba-tiba, kehilangan selera makan, nyeri perut bagian atas, mual dan muntah.

Sering merasa kelemahan dan kelelahan, pembengkakan perut, serta warna kuning pada kulit dan bagian putih mata juga patut diwaspadai sebagai gejala kanker hati.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini