10 Makanan Sumber Probiotik yang Baik untuk Kesehatan Lambung dan Usus

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 481 2428154 10-makanan-sumber-probiotik-yang-baik-untuk-kesehatan-lambung-dan-usus-F2zEZ5Fr2R.jpg Ilustrasi menjaga kesehatan lambung dan usus. (Foto: Shutterstock)

PROBIOTIK dikenal sebagai bakteri dan mikroorganisme baik serta bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan tubuh. Probiotik dapat ditemukan dalam jenis makanan tertentu.

Manfaat utama probiotik yaitu bekerja mendukung kesehatan sistem pencernaan. Dengan kata lain, probiotik memelihara usus dan bekerja memperkuat kekebalan tubuh.

Selain itu, penelitian menunjukkan probiotik berdampak pada sistem saraf pusat. Dikatakan bahwa mereka mendukung pengobatan masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi, serta beberapa kondisi neurologis juga.

Oleh karena itu, konsumsi makanan yang mengandung probiotik sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut 10 makanan mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan lambung dan usus, sebagaimana telah dirangkum dari laman Feminaindia.

Baca juga: Jaga Kesehatan Anak di Tengah Pandemi, Jangan Lupa Asupan Prebiotik dan Probiotik 

1. Yoghurt

Yoghurt memang dikenal sumber probiotik yang baik. Yoghurt dibuat dengan susu yang difermentasi oleh dua jenis bakteri baik asam laktat dan bifidobacteria. Bakteri ini bermanfaat mengendalikan diare pada anak-anak, dan meredakan gejala-gejala yang berasal dari irritable bowel syndrome (IBS).

Makanan mengandung probiotik. (Foto: Nutraingredients)

2. Buttermilk

Ini merupakan susu fermentasi yang memiliki probiotik baik untuk pencernaan. Minuman dibuat dari campuran mentega yang dikemas dengan vitamin, mineral, probiotik yang bermanfaat untuk menutrisi usus. Ini adalah minuman tradisional yang dikonsumsi di negera Nepal dan Pakistan.

3. Acar mentimun

Ini makanan fermentasi dari acar atau timun yang direndam dalam air garam. Acar mentimun juga dapat menyehatkan sistem pencernaan, menghalangi pertumbuhan bakteri berbahaya, dan membantu tubuh memerangi infeksi. Acar mentimun mengandung vitamin K dan natrium.

Baca juga: Efektifkah Probiotik Bantu Turunkan Berat Badan? Inilah Jawabannya 

4. Buah zaitun

Buah zaitun juga difermentasi dalam larutan air garam. Bakteri ramah usus yang disebut Lactobacillus memungkinkan prosedur ini. Faktanya, bakteri tersebut mengandung dua jenis strain: Lactobacillus plantarum dan Lactobacillus pentosus. Berdasarkan penelitian, buah zaitun melancarkan pencernaan, membersihkan sistem dari masalah terkait IBS, mengurangi masalah kembung, dan mengurangi kadar kolesterol.

5. Keju

Jenis-jenis keju yang mengandung probiotik tinggi meliputi mozzarella, cheddar, gruyere, gouda, parmesan, dan swiss adalah varietas yang mempertahankan bakteri ramah. Gouda adalah pembawa probiotik yang sangat baik. Jenis keju ini memberikan probiotik ke saluran pencernaan (GI). Sebagai sumber protein yang kaya, keju juga padat dengan mineral dan vitamin (kalsium, fosfor, selenium, serta vitamin B12)

6. Kimchi

Menu makanan Korea ini terdiri dari kubis, lobak, daun bawang, dan sayuran lainnya. Dicari karena vitamin dan mineralnya. Kimchi dibumbui dengan pasta bawang putih, jahe, garam, lada merah, serta sejumlah bumbu lainnya, dan secara tradisional disajikan dengan nasi. Kimchi mengandung strain bakteri (Lactobacillus kimchi) yang tidak hanya menyehatkan usus, tapi juga meningkatkan kesehatan kolorektal, dan mengurangi kadar kolesterol, tetapi juga berfungsi dengan cara yang membuat tubuh tetap langsing.

7. Kombucha

Ini merupakan teh herbal hitam atau hijau china yang telah dikonsumsi oleh orang-orang selama bertahun-tahun sebagai jamu dan obat herbal. Para ahli mengklaim kombucha dapat memelihara sistem pencernaan, membantu menurunkan berat badan, membersihkan tubuh dari racun, mengurangi tekanan darah dan masalah yang berhubungan dengan jantung, serta mencegah kanker.

Baca juga: Pentingnya Peran Probiotik bagi si Kecil 

8. Miso

Miso adalah bumbu saus masakan yang berasal dari Jepang. Menyantap makanan dengan sup miso mengandung protein dan vitamin yang dapat meredakan kondisi seperti diare, gastroenteritis, serta sembelit.

9. Susu kefir

Kefir adalah minuman probiotik berbahan dasar susu yang rasanya mirip yoghurt. Susu kefir membantu tubuh mencerna laktosa, mengendalikan kadar kolesterol, mencegah alergi atau reaksi, mengatasi infeksi, meningkatkan kesehatan tulang, serta menopang sistem kekebalan tubuh. Konon minuman ini merupakan sumber probiotik yang lebih baik daripada yoghurt.

10. Tempe

Tempe adalah makanan tradisional masyarakat Indonesia. Dibuat dari kedelai pilihan yang memiliki protein tinggi. Tempe juga mengandung mikroorganisme bernama Bifidobacterium bifidum yang berfungsi mengatasi diare, sembelit, dan sakit perut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini