Di Hari Ulang Tahun, Jokowi Lahirkan 2 Rekomendasi Kesehatan Tekan Kasus Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 481 2428396 di-hari-ulang-tahun-jokowi-lahirkan-2-rekomendasi-kesehatan-tekan-kasus-covid-19-3Fq0DmOlGB.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memaparkan ulang rekomendasi terbaru Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait upaya pemerintah menekan kasus Covid-19. Ada 2 poin yang jadi perhatian, yaitu pengetatan PPKM Mikro dan vaksinasi.

Ya, dua hal itu dianggap Jokowi bisa menekan angka kasus di masyarakat yang dengan demikian, penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir sesegera mungkin. Dua rekomendasi ini lahir di hari ulang tahun Presiden Jokowi ke-60.

 Pandemi Covid-19

"Ada dua hal yang menjadi perhatian Presiden untuk menekan kasus Covid-19, pertama soal memperkuat implementasi PPKM Mikro dan sol vaksinasi," papar Menkes Budi di konferensi pers virtual, Senin (21/6/2021).

Jadi, di poin pertama, Presiden Jokowi mengharapkan adanya pembatasan mobilitas di masyarakat dengan aturan PPKM Mikro yang lebih ketat. Hal ini terbaca dari kebijakan penutupan pusat perbelanjaan di pukul 20.00 waktu setempat, aktivitas dalam ruangan dibatasi, hingga penggunaan transportasi publik pun dibatasi.

Tak hanya itu, penguatan testing di masyarakat menjadi poin penting lain yang disorot. Dijelaskan Menkes Budi, saat ini jika ada orang yang terkonfirmasi Covid-19, maka testing dilakukan satu RT. Upaya ini diharapkan melacak siapa saja di wilayah tersebut yang terinfeksi dan segera mendapat penanganan, dan kalau yang sehat, diharapkan tetap sehat dengan terus melakukan prokes.

Menkes Budi mengimbau pada masyarakat agar jika terinfeksi Covid-19 dan bergejala ringan, tak perlu minta dirawat di rumah sakit. Hal ini akan mengurangi jumlah bed yang sangat diperlukan bagi pasien dengan kondisi berat hingga kritis.

"Kalau bergejala ringan, isolasi mandiri. Pemerintah dibantu TNI dan Polri akan membantu kecukupan kebutuhan dengan sistem gotong royong yang digalakkan di masyarakat sebagai identitas kuat bangsa Indonesia," tambah Menkes Budi.

Terkait dengan poin kedua yaitu vaksinasi, Menkes Budi ditugaskan Presiden Jokowi untuk tercapainya 1 juta vaksinasi per hari pada awal Juli. Harapan itu sudah semakin jelas terlihat dengan tercapainya angka 716 ribu vaksinasi per hari pada Kamis, 17 Juni 2021.

"Presiden meminta vaksinasi sampai ke angka 1 juta per hari dan ini bisa dilakukan dengan bekerja sama dan bekerja keras. Karena itu, harus dipastikan semua komponen bergerak bersama. Insya Allah, Juli 1 juta vaksinasi per hari dapat tercapai," ungkap Menkes Budi.

"Kami percaya bahwa bangsa kita adalah bangsa yang kuat, kalau bekerja sama 4 pilar kita bisa atasi masalah ini bersama. Jadi, tunggu apalagi, mulai batasi kegiatan, stay at home! Tinggal di rumah berkumpul dengan keluarga," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini