Tanda-Tanda Vitiligo Bisa Dilihat dengan Kasat Mata

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 611 2428656 tanda-tanda-vitiligo-bisa-dilihat-dengan-kasat-mata-aNuWsYK6jP.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Ketua Dermatapologi, Kelompok Staf Medis (KSM) Dept Dermatologi dan Venerologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI RSCM), dr. Sondang MHA Pandjaitan Sirait mengemukakan, vitiligo atau bercak putih pada kulit dapat dideteksi secara kasat mata dan dapat disembuhkan.

"Adanya bercak-bercak pada kulit akibat penghancuran sel pigmen kulit ini dapat disembuhkan," katanya saat konferensi pers virtual bertajuk Gerakan Self Love Movement Bagi Penderita Vitiligo di Indonesia (21/6/21).

Lebih lanjut, saat ini, tercatat 0,1-2 persen revalensi vitiligo atau setara dengan sekitar 5 juta penduduk yang mengalami Vitiligo. Hingga kini penyebab penyakit ini belum diketahui.

Penyakit Kulit

Meski demikian, penyakit ini tidak menular, karena bukan penyakit infeksi apalagi kutukan. Sebab vitiligo dikarenakan hilangnya pigmen pada kulit.

“Vitiligo juga bukan penyakit kutukan, itu hanya mitos,” ujarnya.

"Faktor risiko penyakini ini termasuk riwayat keluarga atau penyakit autoimun lainnya, seperti hipertiroidisme, alopecia areata, dan anemia pernisiosa," tambahnya.

Baca Juga : 4 Potret Pesona Annekee Molenaar, Bidadari Cantik Johan Cruijff Arena di Euro 2020

Vitiligo adalah penyakit kronis yang pengobatannya jangka panjang. Butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Salah satu pengobatannya antara lain dengan topical atau disinari.

Untuk mencegah vitiligo makin meluas, menurut Sondang, jika ada bercak putih pada kulit tidak boleh digaruk atau digosok, karena akan menyebabkan bercak putih makin meluas.

"Sebaiknya segera berobat agar penyakit ini bisa ditangani dengan baik," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini