Alami KIPI Setelah Vaksin Covid-19 Bisa Berobat Gratis Loh, Ini Caranya

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 02:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 612 2428211 alami-kipi-setelah-vaksin-covid-19-bisa-berobat-gratis-loh-ini-caranya-JaPKdmF5sq.jpg Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PEMBERIAN vaksin memang memiliki efek samping, apapun vaksin yang diberikan. Bagi mereka yang mengalami efek samping vaksin ini, biasanya disebut Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi atau KIPI.

KIPI bisa terjadi pada siapa saja, lantaran tubuh seseorang berbeda dalam menerima vaksin yang masuk, membutuhkan pengobatan dan perawatan di Faskes karena KIPI ini, ternyata bisa mendapatkan bantuan secara gratis loh.

Adapun syaratnya, bagi peserta aktif Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), maka akan ditanggung melalui mekanisme JKN, dan dapat dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

Sementara untuk peserta nonaktif dan bukan peserta JKN akan didanai melalui mekanisme pengadaan lain, yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara sesuai ketentuan peraturan Perundang-undangan.

Sedangkan pelayanan kesehatan yang akan diberikan setara dengan kelas III program Jaminan Kesehatan Nasional atau di atas kelas III atas keinginan sendiri dengan selisih biaya ditanggung oleh yang bersangkutan.

Melansir Instagram Kemenkes, ini dilakukan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 dan mengantisipasi lonjakan kasus, pemerintah pun memperbarui Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 menjadi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2021 yang disahkan oleh Menteri Kesehatan pada tanggal 28 Mei 2021.

Di dalam ketentuan ini terdapat beberapa perubahan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini, dengan harapan dapat memberikan pelayanan vaksinasi yang lebih efisien dan efektif.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini