FDA Peringatkan Jangan Sampai Salah Beli Obat Ivermectin untuk Hewan

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 612 2428702 fda-peringatkan-jangan-sampai-salah-beli-obat-ivermectin-untuk-hewan-iR5TfbS6JZ.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

OBAT antiparasit Ivermectin mendapatkan persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai obat untuk mengobati pasien Covid-19. Obat tersebut, nantinya akan diproduksi anak perusahaan BUMN, PT Indofarma Tbk.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, selain BPOM obat ini juga sudah mendapatkan persetujuan dari kementerian kesehatan. Meski demikian, penggunaan obat ivermectin ini harus mendapat izin dokter dalam kegunaannya dalam keseharian.

Erick mengungkap obat Ivermectin sudah mulai diproduksi dan rencananya dengan kapasitas 4 juta obat per bulannya. Dia berharap dengan adanya obat ini bisa menjadi bagian dari solusi untuk menekan lonjakan kasus Covid-19.

Indonesia pun mengikuti jejak India yang menggunakan obat Ivermectin. Meski demikian, Food and Drugs Administration atau yang dikenal sebagai FDA, memang belum memberikan lampu hijau pada obat tersebut.

"Ivermectin sering digunakan di AS untuk mengobati atau mencegah parasit pada hewan. FDA telah menerima banyak laporan tentang pasien yang membutuhkan dukungan medis dan dirawat di rumah sakit setelah pengobatan sendiri dengan ivermectin yang seharusnya dipakai untuk kuda," tulis FDA dalam situsnya.

FDA pun belum menyetujui ivermectin untuk digunakan dalam mengobati atau mencegah Covid-19 pada manusia. Tablet ivermectin disetujui pada dosis yang sangat spesifik untuk beberapa cacing parasit, dan ada formulasi topikal (pada kulit) untuk kutu kepala dan kondisi kulit seperti rosacea. "Ivermectin bukan antivirus (obat untuk mengobati virus)," jelas FDA.

Jika terlalu banyak, obat ini berbahaya dan dapat menyebabkan bahaya serius.Oleh karena itu, penggunaannya harus persis seperti yang ditentukan.

Selain itu, pembelian obat ini pun tidak bisa sembarang, karena salah-salah maka Anda bisa mengonsumsi untuk hewan. "Ivermectin untuk hewan sangat berbeda dari yang disetujui untuk manusia," tulis FDA.

(mrt)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini