Resep Lontong Sayur Khas Betawi, Tapi Berasnya Diganti Sagu

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 298 2428932 resep-lontong-sayur-khas-betawi-tapi-berasnya-diganti-sagu-RE6HVeUt2m.jpg Lontong sayur. (Foto: SAPAPUA)

SELAMAT Ulang Tahun Jakarta! Kota yang dulunya disebut Batavia ini memang memiliki sejumlah kebudayaan yang harus dilestarikan. Salah satu yang harus dipertahankan adalah beragam kulinernya.

Kuliner khas Betawi sendiri mendapatkan pengaruh dari beberapa negara seperti Melayu, Arab, India, Tionghoa, dan Eropa. Selain itu, kuliner Betawi juga dipengaruhi masakan nusantara lainnya seperti Sunda, Jawa dan Minangkabau. 

Tapi, banyak dari kuliner Betawi menggunakan tepung sagu, salah satunya adalah lontong sayur. Dilansir dari siaran pers SAPAPUA, berikut resep lontong sayur menggunakan sagu.


Lontong sayur khas Betawi

Lontong sayur

Bahan lontong sagu:

Sagu 2000 gr

Air 1500 mL

Lada 1 sdt

Garam 2 sdm

Bahan untuk lontong sayur:

Lontong Sagu 80 gr

Air 500 ml

Ayam 50 gr

Santan kental 50 ml

Telur rebus 1 pcs

Kacang panjang 20 gr

Pepaya muda 20 gr

Tahu coklat 1 pcs

Cabai merah giling 1 sdm

Bawang merah 2 siung / 10 gr

Bawang putih 1 siung / 5 gr

Kunyit 5 gr

Kemiri 5 gr

Sereh 1 btg

Daun salam 1 lbr

Garam Secukupnya / 1⁄2 sdt

Lada Secukupnya / 1⁄4 sdr

Kaldu ayam 1⁄2 sdt


Cara membuat:

- Buatlah lontong sagunya terlebih dahulu. Caranya, rebus air hingga mendidih. Campurkan lada, garam, sagu, aduk kering hingga rata. Tuang air panas ke dalam campuran sagu, lalu aduk dan uleni hingga kalis dan rata.

- Setelah itu, siapkan cetakan bambu, lumuri bagian dalam dengan minyak goreng. Atau, siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan dan sedikit dilayukan. 

- Masukkan adonan ke dalam cetakan bambu atau bungkus dengan daun pisang yang dibentuk silinder memanjang dengan diameter sekitar 3 cm, ikat atau kunci ujungnya dengan tusuk sate.

- Jika sudah, rebus adonan selama 3 jam menggunakan api sedang. Angkat dan tiriskan.

- Buat kuah sayurnya. Caranya, panggang ayam dan bumbui sesuai selera, angkat, tiriskan, dan sisihkan. 

- Parut kasar pepaya muda, potong kancang panjang (1 cm), lalu rebus hingga matang, angkat, dan sisihkan.

- Haluskan semua bumbu bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit. Tumis semua bumbu halus, tambahkan sereh, tumis hingga harum dan kecokelatan.

- Tambahkan air, daun salam, dan cabai merah giling, lalu masak hingga mendidih. Masukkan santan, garam, lada, dan kaldu ayam, lalu aduk hingga rata.

- Siapkan wadah, masukkan lontong sagu, pepaya muda dan kacang panjang, ayam, tahu cokelat, dan telur rebus. Lalu tuang kuah. Voila! Lontong sagu sayur siap disajikan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini