4 Cara Hidup Simpel dan Sederhana, Banyak Keuntungannya Lho

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 612 2429192 4-cara-hidup-simpel-dan-sederhana-banyak-keuntungannya-lho-IQR4RSNwgZ.jpg Ilustrasi cara hidup simpel. (Foto: Senivpetro/Freepik)

CARA hidup simpel menjadi pilihan banyak orang di masa kini. Pasalnya, kehidupan ini dinilai lebih banyak keuntungannya. Tapi memang kehidupan setiap orang berbeda-beda dan tidak bisa membandingkannya dengan hidup yang Anda jalani.

Sebagian orang memilih cara hidup simpel atau sederhana. Tapi sayangnya, terkadang langkah ini masih terganggu gaya hidup di lingkungan sekitarnya.

Akan tetapi tidak sedikit orang yang berhasil menerapkan gaya hidup simpel, sehingga tak perlu membandingkannya dengan kehidupan orang lain.

Dilansir dari laman Becoming Unbusy, berikut cara supaya Anda hidup simpel dan menikmati setiap perjalanannya.

Baca juga: Kisah Fatimah Ridho Hidup Sederhana meski Kotor dan Lusuh 

Ilustrasi cara hidup simpel. (Foto: Tirachardz/Freepik)

1. Tentukan nilai dan prioritas

Saat memulai perjalanan penyederhanaan, penting untuk memperjelas tujuan, nilai, dan prioritas Anda. Mengetahui apa yang Anda hargai akan membantu memutuskan apa yang ingin dipertahankan dalam hidup serta apa yang dapat Anda lepaskan.

Kemudian mengetahui nilai-nilai pada diri juga membuat Anda termotivasi untuk terus bekerja menuju hidup sederhana.

Menentukan nilai bertindak sebagai kompas untuk membantu tetap di jalur saat Anda membuat hidup lebih simpel.

Baca juga: HUT Ke-494 Jakarta, Yuk Kulik Lagi Sejarah Roti Buaya Khas Betawi 

2. Lebih rapi

Saat Anda akan memulai hidup simpel dan sederhana, perlunya untuk lebih rapi. Artinya, mengurangi barang-barang yang tidak dibutuhkan serta menyimpan barang yang berguna dan masih dibutuhkan.

Coba pikirkan, makin banyak barang yang Anda miliki, makin banyak waktu yang dihabiskan untuk mengatur dan mengelola semuanya.

Kekacauan meningkatkan stres dan mengalihkan perhatian Anda dari hal-hal yang paling penting bagi kita.

3. Belajar mengatakan "tidak"

Anda harus berani mengatakan "tidak" pada hal yang tak disukai. Ini akan membuat pribadi Anda lebih baik serta menjadikan hidup lebih nyaman.

Apabila Anda terus mengatakan "ya" terhadap sesuatu yang tidak disegani, maka itu akan membuat kehidupan menjadi rumit.

Baca juga: Viral Masker Murah Dibuat Tak Higienis, Ternyata Begini Faktanya 

4. Selalu bersyukur

Menunjukkan rasa syukur atas apa yang sudah dimiliki adalah dasar dari hidup sederhana. Ketika Anda mulai memerhatikan apa yang dimiliki, menghargai hidup apa adanya saat ini.

Menemukan kepuasan dengan apa yang Anda miliki saat ini adalah hal yang lebih baik daripada terus-menerus mengejar hal-hal yang lebih banyak, lebih besar, lebih baru.

Seiring berjalannya waktu, kesederhanaan dan rasa syukur akan memberi Anda lebih banyak kedamaian dan kegembiraan daripada hal-hal dan kesibukan yang pernah ada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini