Mengatasi Burn Out dalam Bekerja, Ikuti 4 Cara Ini

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 612 2429203 mengatasi-burn-out-dalam-bekerja-ikuti-4-cara-ini-5uloFGwrga.jpg Ilustrasi mengatasi burn out dalam bekerja. (Foto: Yanalya/Freepik)

MENGATASI burn out dalam bekerja adalah hal yang penting di masa kini. Pasalnya, banyak orang mengalami burn out alias kelelahan yang amat sangat ketika menjalani pekerjaannya.

Burn out adalah kondisi kelelahan emosional, fisik, dan mental yang disebabkan stres yang berlebihan serta berkepanjangan. Burn out bisa terjadi ketika seseorang merasa kewalahan, terkuras secara emosional, dan tidak mampu memenuhi tuntutan terus-menerus.

Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi burn out dan mengembalikan keseimbangan hidup. Berikut ini beberapa tips yang direkomendasikan, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Kurangi Burnout Akibat Pandemi Covid-19 

1. Membuka diri

Membuka diri bisa Anda lakukan ke orang terdekat atau orang yang dipercaya. Cobalah untuk tidak memikirkan apa yang membuat merasa lelah dan jadikan waktu yang dihabiskan bersama orang-orang terkasih menjadi lebih positif dan menyenangkan.

Ilustrasi mengatasi burn out dalam bekerja. (Foto: Tirachardz/Freepik)

2. Bersosialisasi

Cobalah bergaul dengan rekan kerja, sebab dengan mengembangkan persahabatan teman-teman satu kantor dapat membuat pekerjaan lebih menyenang dan menghindarkan diri dari burnout.

Misalnya ketika jam istirahat, alih-alih mengarahkan perhatian ke handphone, cobalah melibatkan diri diskusi dengan kawan-kawan sekantor.

Baca juga: 83% Tenaga Kesehatan Burnout, Masyarakat Diminta Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan 

3. Batasi kontak dengan orang yang memberi pengaruh negatif

Bergaul dengan orang-orang yang berpikiran negatif yang tidak melakukan apa-apa selain mengeluh hanya akan menurunkan mood dan pandanganmu terhadap hidup. Jika memang harus bekerja dengan orang yang negatif, cobalah membatasi jumlah waktu yang dihabiskan bersama.

4. Terhubung dengan komunitas yang positif

Cobalah mencari koneksi ke komunitas yang bisa memberikan efek positif secara fisik dan psikis. Cara ini dapat membantu mengatasi stres atau bahkan menemukan teman-teman baru. Menemukan teman baru dapat memberikan perspektif baru serta memperluas jaringan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini