7 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit, Ampuh Obati Jerawat Lho

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 08:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 481 2429446 7-manfaat-kopi-untuk-kesehatan-kulit-ampuh-obati-jerawat-lho-A1fSt8qnOG.jpg Ilustrasi manfaat kopi untuk kesehatan kulit. (Foto: Valeria Aksakova/Freepik)

SECANGKIR kopi sehari ternyata memberikan beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh. Di antaranya meningkatkan kinerja fisik dan membakar lemak. Kemudian menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, parkinson dan alzheimer, kanker, dan banyak lagi.

Berkat kandungan antioksidan, kopi bisa digunakan untuk perawatan wajah. Lalu bisa membuatnya menjadi masker atau scrub yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Baca juga: Kumpulan Filosofi Kopi Tentang Kehidupan, Pas Banget Jadi Caption Sosmed! 

Saat menggunakan kopi untuk perawatan kulit, Anda dapat menggunakan seduhannya, atau bubuk kopi segar atau bekas. Ini menjadi cara yang bagus dan hemat.

Dilansir dari laman Feminaindia, berikut manfaat kopi untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh. Anda bisa menggunakannya sendiri di rumah.

Ilustrasi kesehatan kulit wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

1. Menenangkan kulit dan mengurangi peradangan

Kopi bisa merangsang kesehatan tubuh. Caranya dapat dioleskan ke wajah. Kopi membantu menenangkan kulit berkat kandungan antioksidannya. Senyawa seperti asam klorogenat dan melanoidin menawarkan efek anti-inflamasi.

2. Mengurangi pigmentasi dan garis halus

Sesuai penelitian, minum kopi menyebabkan penurunan efek penuaan. Menerapkan kopi secara topikal dikatakan lebih lanjut mengurangi munculnya kemerahan, garis-garis halus dan kerutan, dan bintik matahari.

Baca juga: Membuat Dalgona Coffee Tanpa Mixer, Ikuti Caranya Dijamin Anti Gagal 

3. Mengobati jerawat

Asam klorogenat dalam kopi juga memiliki sifat antibakteri, sehingga aplikasi topikal dari minuman ini bermanfaat untuk mengobati jerawat, luka, dan infeksi kulit.

4. Memerangi lingkaran hitam

Kafein dalam kopi membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi pada lingkaran hitam di bawah mata. Menerapkan paket wajah kopi atau krim dengan demikian dapat bekerja untuk meminimalkan munculnya lingkaran hitam dan mata bengkak.

5. Pengelupasan kulit

Menggunakan bubuk kopi dalam scrub wajah adalah cara terbaik untuk mengelupas kulit. Pengelupasan kulit secara teratur menghilangkan penumpukan kotoran dan sel-sel kulit mati dan membuat kulit tampak bercahaya dan bebas dari jerawat serta rambut yang tumbuh ke dalam. Anda juga bisa menggunakan ampas kopi sebagai lulur.

Baca juga: Cara Meracik Kopi Seenak Buatan Kafe di Rumah, Cobain Yuk! 

6. Mengurangi selulit

Seperti disebutkan, kopi dapat melebarkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, menggunakan kopi sebagai lulur dapat mengurangi munculnya selulit, memberikan kulit tampilan yang rata.

7. Membantu melawan kanker

Kopi kaya trigonelin, senyawa yang terurai menjadi vitamin B3 saat biji kopi dipanggang. Sesuai penelitian, vitamin B3 memiliki peran dalam pencegahan kanker, terutama kanker kulit nonmelanoma dan pertumbuhan kulit abnormal lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini