Vaksin AstraZeneca Efektif Melawan Varian Delta dan Kappa Covid-19 Asal India

Hantoro, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 08:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 481 2429460 vaksin-astrazeneca-efektif-melawan-varian-delta-dan-kappa-covid-19-asal-india-5XmZtrQ0k7.jpg Vaksin AstraZeneca dilaporkan efektif melawan Varian Delta dan Kappa Covid-19 asal India. (Foto: Yves Herman/Reuters)

PERUSAHAAN farmasi AstraZeneca pada Selasa 22 Juni 2021 menyatakan Vaksin AstraZeneca efektif melawan Varian Delta dan Kappa Covid-19 yang pertama kali diidentifikasi di India. Efektivitas ini diketahui berdasarkan hasil sebuah penelitian.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford itu menyelidiki kemampuan antibodi monoklonal dalam darah dari orang yang pulih dan dari mereka yang divaksinasi untuk menetralkan Varian Delta dan Kappa Covid-19.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Vaksin AstraZeneca dan Sinopharm 

Dikutip dari Reuters, Rabu (23/6/2021), pada pekan lalu analisis oleh Public Health England (PHE) menunjukkan bahwa vaksin yang dibuat oleh Pfizer Inc dan AstraZeneca memberikan perlindungan tinggi lebih dari 90 persen terhadap rawat inap dari Varian Delta covid-19. Sementara penelitian terbaru Oxford sendiri dilakukan berdasarkan analisis terbaru PHE ini.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat lalu menyatakan Varian Delta Covid-19 menjadi jenis yang paling banyak menyerang secara global.

Baca juga: Cuma AstraZeneca yang Efektif Hadapi Varian Delta, Bagaimana 2 Lainnya? 

WHO pun menegaskan Varian Delta Covid-19 cukup mendominasi pada lonjakan kasus covid-19 di dunia, termasuk Indonesia. Ini jenis virus yang sangat mudah menyebar. Karena itu, masyarakat sangat disarankan lebih memperketat protokol kesehatan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini