Kenali 4 Gejala Batu Ginjal, Anang Hermansyah Sempat Alami Kencing Darah

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 481 2429554 kenali-4-gejala-batu-ginjal-anang-hermansyah-alami-sempat-kencing-darah-eplrMY4Sg5.jpg Anang Hermansyah sakit batu ginjal (Foto : Dok.Okezone)

AYAH Aurel, Anang Hermansyah dilarikan ke rumah karena sakit batu ginjal. Hal itu dikatakan sang istri, Ashanty yang menjelaskan alasan suaminya dilarikan ke rumah sakit.

"Ada batu ginjal yang menyumbat saluran kencing, jadi ada pembengkakan. Jadi pas kencing kayak keluar darah gitu," ungkap Ashanty di kawasan Pondok Indah, Jakarta baru-baru ini.

Sebagaimana diketahui ginjal manusia berfungsi untuk membuang limbah dan cairan dari darah untuk membuat urin. Terkadang, ketika seseorang memiliki terlalu banyak limbah dan tidak cukup cairan dalam darah Anda, limbah ini dapat menumpuk dan menempel di ginjal.

Anang Hermansyah

Nah, gumpalan limbah inilah yang disebut batu ginjal. Siapa pun bisa terkena batu ginjal, tetapi pria lebih sering terkena batu ginjal daripada wanita.

Baca Juga : Anang Hermansyah Sakit Batu Ginjal, Apa Penyebabnya?

Lantas, apa gejala seseorang terkena sakit batu ginjal?

Merangkum dari Kidney Fund, Selasa (8/6/2021), jika seseorang memiliki batu ginjal yang sangat kecil yang bergerak dengan mudah melalui saluran kemih, seseorang mungkin tidak memiliki gejala apapun. Mereka bahkan tidak pernah tahu bahwa memiliki batu ginjal.

Namun, jika seseorang memiliki batu ginjal dengan ukuran yang lebih besar, maka mungkin akan mengalami salah satu dari gejala berikut:

1. Sakit saat buang air kecil

2. Darah dalam urin

3. Nyeri tajam di punggung atau perut bagian bawah

4. Mual dan muntah

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, batu ginjal ini masih bisa dicegah. Cara terbaik untuk mencegah batu ginjal adalah dengan mengonsumsi cukup air setiap hari. Kebanyakan orang harus minum delapan sampai 12 cangkir air per hari.

Jika seseorang memiliki penyakit ginjal dan perlu membatasi cairan, konsultasikan kepada dokter, berapa banyak cairan yang harus di minum setiap hari. Membatasi natrium dan protein hewani (daging, telur) dalam diet juga dapat membantu mencegah batu ginjal.

Jika dokter dapat mengetahui komponen pembentuk batu ginjal, maka ia mungkin dapat memberi rekomendasi diet khusus untuk membantu mencegah batu ginjal di masa depan. Jika memiliki kondisi kesehatan yang berpotensi membentuk batu ginjal, dokter mungkin akan meminta untuk minum obat untuk mengobati kondisi ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini