Wajah Pria Bengkak Usai Divaksin, Siti Nadia: Bisa Saja Bukan karena Vaksin!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 481 2429854 wajah-pria-bengkak-usai-divaksin-siti-nadia-bisa-saja-bukan-karena-vaksin-W2imO8zOH0.jpg Wajah bengkak (Foto: MNC Portal)

SEORANG warga Jalan Masjid Nurul Fajri, Pondok Aren ini mengalami efek samping dari vaksin. Pria yang diketahui bernama Agus Purjantoro ini mengalami bengkak-bengkak pada bagian wajahnya usai mendapat suntikan dosis pertama dari vaksin yang dibuat Bio Farma tersebut.

Sebagaimana diketahui Agus pertama kali disuntik vaksin CoronaVac pada 6 Juni 2021 di Puskemas Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. Usai disuntik, ia mengaku tidak mengalami keluhan apapun dan baru merasakan gejala pada keesokan harinya.

 ilustrasi divaksin Covid-19

“Tanggal 7 Juni itu baru mulai bereaksi, pipi saya kayak ada biang keringat dan mulai membengkak. Kemarin sih, waktu saya ke dokter ada kemungkinan dari vaksin itu. Tapi dokter bilang juga ada faktor lain, tapi enggak dijelasin," kata Agus kepada MNC Portal, Rabu (23/7/2021).

Penasaran dengan hal aneh yang menimpanya Agus pun menghubungi nomor petugas puskesmas yang ada disertifikat vaksinnya itu. Ia lalu disarankan ke UGD Puskesmas Pondok Aren dan dokter yang bertugas di tempat tersebut tidak berkata apapun serta memberikannya obat.

"Selama 3 hari kok enggak ada reaksi, malah tambah bengkak," jelasnya.

Ketika diwawancarai terkait hal tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes sekaligus Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML), Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa kejadian ini merupakan ranah dari Komite Daerah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komda KIPI).

“Ya, karena harus ditelusuri bisa saja bukan karena vaksin,” terang Siti Nadia, saat dihubungi MNC Portal melalui pesan singkat.

Lebih lanjut Siti Nadia pun menjelaskan bahwa tidak ada reaksi atau efek samping yang menyebabkan bengkak pada wajah akibat vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin CoronaVac. Gejala yang paling sering muncul biasanya gejala ringan seperti nyeri kemerahan atau bengkak pada tempat bekas suntikan, demam, lelah, nyeri otot, sakit kepala, mual, dan muntah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini