Epidemiolog Peringatkan Bahaya Gunakan Ivermectin Tanpa Resep Dokter, Bisa Koma hingga Kematian!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 481 2429890 epidemiolog-peringatkan-bahaya-gunakan-ivermectin-tanpa-resep-dokter-bisa-koma-hingga-kematian-dEHZG4CQ2L.jpg Ivermectin (Foto : Interaksyon)

Ivermectin

IVERMECTIN jadi pembahasan hangat lagi setelah Menteri BUMN Erick Thohir angkat suara terkait surat izin edar obat tersebut dari Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM).

Perlu ditekankan, izin edar Ivermectin memang sudah dikeluarkan BPOM, tetapi bukan untuk obat Covid-19 melainkan sebagai obat antiparasit atau infeksi cacing.

BPOM sendiri menegaskan kepada masyarakat agar tidak sembarang menggunakan obat Ivermectin karena obat tersebut masuk ke dalam jenis obat keras. Artinya, Ivermectin hanya boleh diberikan ke pasien sesuai dengan resep dokter dan tidak bisa diperoleh secara bebas.

Ivermectin

Ahli Epidemiologi Griffith University, Australia, Dicky Budiman, pun mewanti-wanti agar tidak ada pihak yang dengan sengaja membagikan Ivermectin ke masyarakat dengan dalih punya potensi sebagai obat terapi Covid-19. Sebab, sampai sekarang bukti ilmiah mengenai obat tersebut untuk Covid-19 tidak ada.

"Belum ada bukti ilmiahnya. Bahkan, perisetnya sendiri, ini ada di Australia, dia mengatakan potensinya kecil sekali dapat menjadi bagian dari obat terapi Covid-19," terang Dicky melalui pesan singkat, Rabu (23/6/2021).

Dia melanjutkan, jika memang mau dilakukan (uji riset) silahkan. "Tetapi, kalau sampai obat ini beredar di masyarakat dan dipakai tidak sesuai tujuannya, bahaya sekali efeknya," tegasnya.

Baca Juga : 9 Penjelasan BPOM Terkait Penggunaan Ivermectin

Ada dua masalah utama yang disorot Dicky jika seseorang menggunakan Ivermectin tanpa anjuran dokter, yang pertama koma dan yang parahnya adalah kematian. "Ini harus diketahui semuanya," singkat dia.

Di sisi lain, BPOM sendiri sudah memperingatkan masyarakat terkait dengan efek dari penggunaan tidak tepat Ivermectin.

"Ivermectin yang digunakan tanpa indikasi medis dan tanpa resep dokter dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan efek samping, antara lain nyeri otot atau sendi, ruam kulit, demam, pusing, sembelit, diare, mengantuk, dan Sindrom Stevens-Johnson," ungkap laporan BPOM.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini