Rambut Rusak karena Panas, Atasi dengan 5 Pengobatan Alami Rumahan Ini

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 611 2429799 rambut-rusak-karena-panas-atasi-dengan-5-pengobatan-alami-rumahan-ini-yG5ilalO3C.jpg Ilustrasi rambut rusak. (Foto: Unsplash)

ALAT penata rambut memang dapat membuat lebih terlihat glamor. Tapi, alat tersebut juga bisa menyebabkan kerusakan parah pada rambut. Kerusakan tersebut termasuk rambut kering dan ujung bercabang.

Tapi tenang saja jika telanjur mengalami kondisi demikian, ada cara alami mengobatinya. Seperti dilansir laman Times of India, ini dia pengobatan alami rumahan yang bisa mengatasi rambut rusak karena panas.

Baca juga: Alquran dan Sains: Tumbuhnya Uban Akibat Emosi dan Rasa Takut 

1. Gel lidah buaya

Salah satu masker terbaik untuk rambut kering adalah yang memiliki bahan dasar lidah buaya. Ini berkat sifat anti-inflamasinya yang mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Lidah buaya juga bisa memperindah setiap helai rambut.

Gel lidah buaya.

2. Sering mengolesi minyak

Minyak adalah kunci menyelamatkan rambut dari kering. Sering mengolesi minya rambut bisa mengurangi kelelahan dan kekeringan rambut. Minyak juga bisa menyehatkan sel-sel kutikula. Meminyaki secara teratur melindungi folikel rambut dari surfaktan. Meminyaki juga meningkatkan kesehatan kulit kepala. Memijat kulit kepala dengan lembut membantu pengelupasan kulit dan mengurangi rambut kusut.

Baca juga: Punya Rambut Keriting, Begini Cara Merawatnya agar Sehat dan Menawan 

3. Gelatin

Gelatin murni adalah sumber vitamin yang bagus untuk rambut. Ini melapisi dan menghidrasi rambut, menjadikannya halus dan berkilau. Anda dapat memasukkan gelatin ke dalam rutinitas perawatan rambut dengan menyiapkan campuran minyak, air hangat, serta gelatin.

4. Masker pisang dan madu

Pisang segar penuh dengan nutrisi yang bisa membuat rambut harum. Tetapi jangan lupa bahwa pisang juga dapat meningkatkan tekstur, volume, dan kilau rambut Anda. Diresapi dengan madu kaya antioksidan, ini menjadi obat yang andal untuk menyembuhkan rambut rusak akibat panas.

Baca juga: 4 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Rambut, Bisa Hilangkan Kutu Lho 

5. Pola makan sehat

Salah satu faktor perawatan rambut paling ampuh yang sering diabaikan adalah pola makan yang sehat. Retasan paling alami adalah memberi makan untaian dengan benar di bagian dalam. Melahap dengan penuh perhatian dan memasukkan antioksidan dan omega-3 dalam diet Anda dapat mengontrol kemungkinan kerusakan rambut.

Makanan sehat. (Foto: Schantalao/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini