Mengenal Bubuk Yinqiao, Obat Herbal China yang Ampuh Tangani Covid-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 612 2429835 mengenal-bubuk-yinqiao-obat-herbal-china-yang-ampuh-tangani-covid-19-Qvke8HgCO8.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIM peneliti di China di Guangzhou University of Chinese Medicine dan Yunnan University of Chinese Medicine mengeksplorasi sifat terapeutik yang ada di bubuk Yinqiao sebagai alternatif pengobatan awal pasien Covid-19.

Berdasarkan analisis data besar, ditemukan bahwa bubuk Yinqiao adalah formulasi dasar yang digunakan untuk mengobati tahap awal Covid-19.

Menurut studi farmakologis, bubuk Yinqiao memiliki efek antitusif dan ekspektoran, meredakan cedera paru-paru akut, meningkatkan fungsi paru-paru, meredakan fibrosis paru, meningkatkan respons kekebalan terhadap virus, dan meredakan reaksi merugikan dari obat-obatan modern.

Lantas, apakah bubuk Yinqiao itu?

Bubuk Yinqiao merupakan obat herbal asal China. Sebuah penelitian baru-baru ini telah menemukan temuan lain yang mengklaim keefektifan pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati gejala COVID-19.

Diterbitkan di Phytotherapy Research, penelitian ini menyoroti berbagai cara pengobatan tradisional Tiongkok membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit menular.

Bubuk Yinqiao sendiri adalah formulasi berbagai obat herbal, yang membantu menyembuhkan penyakit pernapasan akut, cedera paru-paru, meredakan fibrosis paru dan juga dapat meningkatkan respons kekebalan terhadap virus.

Memiliki bau aromatik dan terasa pahit, pasien yang menderita ISPA dengan demam, sakit kepala, sakit tenggorokan dan hampir semua gejala Covid-19 lainnya, dapat diobati menggunakan metode yang sama.

Melansir TimesofIndia, bahan utama dalam obat tersebut yakni hesperidin, kromatografi cair tekanan tinggi. Selain itu, teknik dalam kimia analitik digunakan untuk memisahkan, mengidentifikasi, dan mengukur setiap komponen dalam campuran.

Sesuai penelitian, bahan aktif dalam bubuk yinqiao adalah luteolin, eriodictyol, quercetin, dan naringenin, yang membantu memerangi virus mematikan. Para ilmuwan menggunakan berbagai teknik untuk menganalisis bahan aktif, dan kemungkinan mekanisme bubuk Yinqiao dalam pengobatan Covid-19.

Para penulis telah memperkenalkan berbagai cara yang dapat membantu bubuk Yinqiao mengobati Covid-19, di antaranya jalur pensinyalan TNF, jalur pensinyalan reseptor seperti Toll, jalur pensinyalan reseptor sel-T, dan jalur pensinyalan MAPK adalah beberapa mekanisme potensial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini