Selain Ivermectin, India Akhirnya Larang 2 Jenis Obat Ini untuk Pasien Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 481 2430357 selain-ivermectin-india-akhirnya-larang-2-jenis-obat-ini-untuk-pasien-covid-19-FlZ0piZq5m.jpg Ilustrasi obat (Foto : Timesofindia)

DIREKTORAT Pelayanan Kesehatan (DHS) telah menginstruksikan pusat kesehatan dan rumah sakit di seluruh negara bagian Goa Utara, India untuk menghapus obat ivermectin, zinc dan doxycycline dari pengobatan yang diberikan kepada pasien Covid-19. Obat-obatan tersebut digunakan bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Arahan itu muncul setelah Union Health Ministry melakukan revisi pedoman untuk menghentikan ivermectin dan beberapa obat lain dari pengobatan Covid-19. Seorang petugas kesehatan di Goa Utara mengatakan perusahaannya menerima komunikasi dari DHS.

“Stok tablet yang diambil dari kit Covid akan dikembalikan ke DHS,” kata petugas tersebut, sebagaimana dilansir dari Times of India, Kamis (24/6/2021).

Obat

Selain ivermectin dan obat-obatan lainnya, paket Covid-19 yang diambil tersebut berisi oksimeter, tablet vitamin C dan vitamin D, tablet parasetamol, masker, dan surgical spirit (alkohol). Konsumsi tablet zinc, dihentikan karena meningkatnya kasus mucormycosis, yang sebagian disebabkan oleh peningkatan kadar seng dalam tubuh.

“Kemanjuran doksisiklin dan ivermectin, di sisi lain, selalu dipertanyakan. Setidaknya 50% orang percaya bahwa kedua tablet itu tidak dapat mencegah virus, ”katanya.

Baca Juga : Ivermectin Obat Keras! Begini Cara Kerjanya Bunuh Cacing di Saluran Cerna

Sebagaimana diketahui Goa adalah salah satu dari sedikit negara bagian di negara itu yang mulai mendistribusikan perlengkapan isolasi mandiri di rumah kepada pasien Covid-19 pada puncak gelombang pertama pandemi tahun lalu. Mereka juga melanjutkan cara ini selama gelombang kedua Covid-19.

Ivermectin, doxycycline dan zinc yang saat ini tersedia dengan DHS belum diketahui kepastiannya. Belum diketahui juga apakah sisa stok ketiga tablet tersebut akan dikembalikan ke distributornya. Kementerian kesehatan Goa berada dalam bahaya setelah mengeluarkan keputusan untuk mendistribusikan ivermectin gratis, obat anti-parasit, sebagai profilaksis untuk orang di atas 18 tahun.

Masalah ini juga diangkat ke pengadilan tinggi Bombay di Goa. Mereka mendengarkan berbagai petisi terkait penanganan Covid-19. Pemerintah akhirnya terpaksa menghentikan ivermectin sebagai akibat dari keputusan pemerintah pusat tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini