Kasus Covid-19 Melonjak, Kemenkes Keluarkan Panduan Gunakan Masker Ganda yang Benar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 481 2430362 kasus-covid-19-melonjak-kemenkes-keluarkan-panduan-gunakan-masker-ganda-yang-benar-WXTAVvyvJx.jpg Masker ganda (Foto: Live science)

KENAIKAN kasus Covid-19 di Tanah Air telah membuat sejumlah rumah sakit kelimpungan dalam mengatasi para pasien. Bahkan sejumlah rumah sakit juga mulai mengeluhkan sejumlah perlengkapan medis yang terbatas.

Untuk mengantisipasi kasus yang semakin memburuk, pemerintah menyarankan melakukan protokol kesehatan yang lebih ketat, salah sataunya dengan menggunakan masker ganda.

 masker ganda

Merangkum dari laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penggunaan masker ganda di tengah kenaikan kasus Covid-19 telah menjadi salah satu cara efektif untuk melindungi seseorang dari penularan Covid-19.

Meski demikian, masyarakat diimbau untuk tidak salah dalam mengombinasikan masker ganda saat beraktivitas. Kemenkes memberikan sejumlah tips menggunakan masker ganda yang baik dan benar. Yuk disimak.

Masker ganda hanya digunakan untuk penggunaan kombinasi masker medis dan masker kain. Masker medis digunakan di dalam, sementara masker kain dipakai pada bagian luar. Selain itu pastikan pula penggunaan masker tidak mengganggu pandangan seseorang dan tetap bisa bernapas dengan mudah.

“Pastikan saat menggunakan masker, mulut dan hidungmu tertutupi dengan sempurna ya. Jangan biarkan ada celah sedikitpun termasuk di bagian hidung, sehingga droplet tidak akan ikut terhirup,” tulis unggahan tersebut.

Perlu diketahui, berdasarkan informasi dari laman remsi CDC, bahwa masker medis, tidak boleh dikombinasikan lagi dengan sesama masker medis. Selain itu jangan pula mengombinasikan masker KN95 dengan jenis masker lainnya. Karena tidak akan efektif, pasalnya masker N95 sudah memiliki tingkat filtrasi yang tinggi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini