Kasus Melonjak, Pemerintah Tunjuk 3 Rumah Sakit Khusus Pasien Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 481 2430471 kasus-melonjak-pemerintah-tunjuk-3-rumah-sakit-khusus-pasien-covid-19-VJWKo50n5N.jpg Ilustrasi Rumah Sakit Covid-19 (Foto : Healthcare Finance News)

PENINGKATAN kasus Covid-19 yang tidak terkendali sejak sebulan terakhir membuat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjuk tiga rumah sakit di DKI Jakarta sebagai rumah sakit yang khsuus untuk menangani pasien Covid-19. Adapun ketiga rumah sakit yang ditunjukka oleh pemerintah tersebut adalah Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, RSUP Persahabatan, dan RSUP Fatmawati.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr. Mohammad Syahril, menjelaskan bahwa RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan saat ini telah menutup layanan bagi para pasien non Covid-19. Tujuannya agar ketersediaan kamar rumah sakit baik IGD maupun ruang perawatan dapat fokus untuk merawat pasien Covid-19 sesuai dengan arahan yang diberikan pemerintah.

“RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan sudah kita tutup untuk layanan non Covid-19, dan hanya melayani rawat jalan untuk pasien dengan penyakit kronis yang membutuhkan perawatan medis saja,” terang dr. Syahril, dalam virtual Pers Conference, Kamis (24/6/2021).

Rumah Sakit Covid-19

Baca Juga : Vaksin AstraZeneca Ampuh Cegah Covid-19 Varian Delta, Gimana Nasib Penerima Sinovac?

Lebih lanjut dr. Syahril juga menjelaskan secara singkat skema yang akan dilakukan oleh RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan dalam menyediakan berbagai macam fasilitas, serta perlengkapan penunjang untuk mengatasi lonjakan kasus pasien Covid-19 di Jakarta.

“Kami akan menambah kamar tidur sehingga menjadi 145 tempat tidur untuk menampung pasien yang dirawat di ICU dan non ICU. Tapi perlu diimbangi dengan penambahan SDM dan sarana prasarana tambahan. Kami butuh 80 perawat dan dokter spesialis. Bila terjadi tumpukan di IGD kami menyediakan tenda dari BNPB untuk mengurai tumpukan pasien di IGD,” tambahnya.

Baca Juga : Ketua Satgas IDI Benarkan Covid-19 Varian Delta Bisa Menular meski Hanya Berpapasan

Dari sisi obat-obatan dan alat pelindung diri (APD), Syahril memastikan bahwa ketersediannya di RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan sudah aman untuk beberapa bulan ke depan. Pihak rumah sakit juga telah bekerjasama dengan Samator, sebagai pemasok oksigen untuk alat bantu pernapasan sampai ledakan kasus Covid-19 di Tanah Air berakhir.

“Oleh sebab itu kami imbau masyarakat yang non Covid-19 untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat sebab RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan hanya difokuskan untuk Covid-19. Tapi perlu diketahui pula orang tanpa gejala, atau bergejala ringan disarankan untuk isolasi mandiri di rumah. Kami harapkan yang ke rumah sakit rujukan Covid-19 pasiennya dalam kondisi berat maupun kritis saja,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini