Lewat Mural, 3 Perempuan Ini Beri Pesan soal Kesetaraan Gender

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 612 2430113 lewat-mural-3-perempuan-ini-beri-pesan-soal-kesetaraan-gender-0APKosYlIs.jpg Mural (Foto: Ist)

PEREMPUAN jadi sosok istimewa yang dapat melakukan segala hal, termasuk terjun ke seni lukis mural. Salah satunya adalah seniman perempuan, Shane Tiara.

Ia merupakan seniman visual, dan berkesempatan membuat mural yang di dalamnya menyimpan berbagai pesan moral.

 mural

Shane melukis di dinding dengan luas bidangnya berukuran 6 x 25 meter, di salah satu gedung yang berada di kawasan Jalan Ir. Juanda, Jakarta Pusat.

Ia menghadirkan mural dengan tema Setara Berkarya untuk Ibu Pertiwi. Di mana di dalamnya menyuarakan semangat kesetaraan gender yang kerap menjadi salah satu isu penting saat ini. Apalagi perempuan perannya juga sangat penting dalam kehidupan dan masyarakat.

"Jadi konsep yang mau aku bawa mural ini, sebenarnya seperti seorang ibu pertiwi yang ingin memberikan jalan, dan memberikan arah kepada wanita-wanita yang ingin meraih cita-cita mereka," katanya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dalam kampanyenya ini Shane menggandeng dua perempuan dari Converse All Stars, Brand Strategist, Cut Lakeisha Salsabila Pradhanitya dan Vita K. Suradji sebagai Fashion Stylist and Photographer.

Shane menggandeng kedua perempuan tersebut agar pesan dalam mural yang dillukisnya dapat tersampaikan secara jelas.

Sementara itu, Cut Lakeisha menambahkan mural yang digambarkan terdapat beberapa ikon yang merepresentasikan pekerjaan wanita. Serta ciri khas pakaian khas Indonesia yang biasa dikenakan wanita Nusantara.

"Awalnya kita kolaborasi dari gagasan nih, gimana caranya ide kita bersatu dengah shane," ujarnya.

Kemudian Vita memilih motif Mega Mendung dalam mural kali ini, yakni sebagai tambahan ciri khas Indonesia. Di mana motif batik ini sudah populer, dan banyak juga dipakai oleh wanita-wanita di Indonesia.

"Motif ini juga bermakna atau menggambarkan dunia yang luas," katanya.

Proyek mural ini merupakan bagian dari 'City Forests: Breaking Barriers - True Color', sebuah kampanye global yakni dengan misi utamanya menciptakan udara bersih, melalui penanaman pohon. Serta cat yang digunakan dapat mengontrol polusi di sekitarnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini