Unik, Sedotan Ini Bisa Hilangkan Cegukan secara Instan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 612 2430503 unik-sedotan-ini-bisa-hilangkan-cegukan-secara-instan-DYaoBd7YMS.jpeg Sedotan penghilang cegukan. (Foto: Facebook HiccAway)

SEDOTAN plastik khusus dibuat untuk menyembuhkan orang dari cegukan secara instan. Sedotan ini diberi nama HiccAway dan menurut salah satu studi terbaru sedotan berbentuk L tersebut efektif dalam menyembuhkan 92 persen kasus cegukan.

Sebagaimana diketahui, cegukan merupakan masalah kesehatan yang dinilai paling menyebalkan. Orang biasanya melakukan berbagai upaya seperti menahan napas, minum banyak air, hingga memakan permen utnuk menghilangkan cegukan.

Baca juga: Sering Cegukan? Ini Cara Mudah Menghilangkannya 

Namun biasanya beberapa cara tersebut tidak efektif bahkan tak terbukti menyembuhkan cegukan. Oleh karena itu, para peneliti mencoba membuat alat unik yang menyerupai sedotan untuk mengatasi masalah cegukan yang sangat mengganggu ini.

Sedotan penghilang cegukan. (Foto: Oddity Central)

Ketika seseorang mengalami cegukan, diafragma dan otot-otot interkostal manusia tiba-tiba berkontraksi dan udara yang masuk secara tiba-tiba menyebabkan pembukaan di antara pita suara sehingga menghasilkan cegukan.

Baca juga: Waspada, Cegukan Bisa Jadi Gejala Baru Covid-19 

Sebagaimana disitat dari laman Oddity Central, Jumat (25/6/2021), sedotan HiccAway menggunakan cara menyesap sedikit air dari gelas untuk menyembuhkan cegukan dengan seketika. Sedotan ini memiliki corong di satu ujung dan tutup yang dapat disesuaikan dengan katup tekanan, dalam bentuk lubang kecil, di ujung lainnya.

Isapan kuat diperlukan untuk menarik air melalui perangkat membutuhkan saraf frenikus untuk memicu kontraksi diafragma, sementara menelan air melibatkan aktivasi saraf vagus. Kedua saraf inilah yang bertanggung jawab atas cegukan.

Dengan membuat dua saraf tersebut menjadi sibuk dengan hal lain, maka mencegah terjadinya cegukan. Ahli Saraf dari Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas di San Antonio dr Ali Seifi membuat desain sedotan HiccAway setelah melihat sendok es krim McFlurry putranya.

Bahkan, seseorang dapat coba membuatnya dari sendok McFlurry dengan menutup sebagian besar lubang kecil di bagian atas untuk meningkatkan tekanan isap. Bisa juga membeli sedotan khusus yang asli seharga USD14 atau setara Rp202 ribu.

Baca juga: Cara Cepat Redakan Cegukan saat Makan 

"Ini bekerja secara instan dan efeknya bertahan selama beberapa jam. Alat ini bekerja dengan membuat otak kita lupa untuk terus mengencangkan diafragma itu," jelas dr Seifi.

Guna mengevaluasi kemanjuran penemuannya, dr Seifi ikut menulis sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Network yang menganalisis tanggapan dari 249 sukarelawan. Hasilnya, lebih dari dua pertiga sukarelawan mengatakan mengalami cegukan setidaknya sebulan sekali. Dengan menggunakan sedotan itu, maka 92 persen kasus cegukan dapat teratasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini