Share

Masker Ganda Bisa Lindungi Tubuh dari Varian Delta?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 481 2430797 masker-ganda-bisa-lindungi-tubuh-dari-varian-delta-DWRnxCCUFR.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

COVID-19 varian Delta harus diwaspadai semua orang, karena kasusnya semakin banyak ditemukan di Indonesia. Walau, pada kenyataannya ada varian lain yang juga sudah ditemukan termasuk Alpha dan Beta.

Proteksi diri harus semakin diketatkan untuk melindungi diri dari serangan varian Delta yang diketahui lebih mudah menular. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker double saat di luar rumah.

Masker

Penggunaan masker ganda diakui Ketua Satgas PB IDI Prof Zubairi Djoerban secara logika dapat melindungi tubuh dari paparan Covid-19 termasuk varian Delta. Ini menjadi penting agar masyarakat memahami betul pencegahan varian tersebut.

"Jika ditanya apakah penggunaan masker 'double' melindungi tubuh dari paparan Covid-19 varian Delta, saya katakan secara logika melindungi. Tapi, yang penting maskernya berkualitas," kata Prof Beri, sapaan akrabnya, di Okezone Stories, belum lama ini.

Baca Juga : Ketua Satgas IDI Benarkan Covid-19 Varian Delta Bisa Menular meski Hanya Berpapasan

Ia menegaskan, masker 'double' tidak akan memberi manfaat maksimal jika dipakainya asal-asalan, misalnya masker hanya menutupi bagian mulut, tetapi lubang hidung tetap terbuka bebas. Atau juga pakai masker di bawah dagu saja.

"Saya juga mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan masker yang dibuatnya asal-asalan seperti yang banyak beredar informasinya di media sosial. Jika bikin masker sendiri pun pastikan tiga lapis dan sesuai standar kesehatan. Kalau tidak berkualitas, ya, tidak akan melindungi," tegasnya.

Baca Juga : Potret Krisdayanti Sang Pendekar Kipas, Intip Mimi KD Latihan Wushu Yuk!

Untuk jenis masker yang di-double, Prof Beri memberi contoh masker medis yang kemudian dilapisi masker kain di bagian luarnya. Atau Anda juga bisa menggunakan masker medis dan face shield.

"Jangan anggap pakai masker medis itu ribet jika mau terlindungi dengan baik. Saya tegaskan sekali lagi, ya, masker ganda itu cukup melindungi tapi harus yang berkualitas," terang Prof Beri.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan belum lama ini juga memberikan panduan penggunaan masker ganda. Berikut usulan Kemenkes:

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini