Menkes Budi Siapkan 7 Ribu Tempat Isolasi Pasien Covid-19 di Dua Rusun

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 481 2430815 menkes-budi-siapkan-7-ribu-tempat-isolasi-pasien-covid-19-di-dua-rusun-Bj4YFDorHF.jpg Ilustrasi tempat isolasi pasien corona (Foto : healthcare)

MENINGKATNYA kasus Covid-19 di Tanah Air, khususnya di DKI Jakarta sebagai wilayah dengan peningkatan kasus terbanyak membuat sejumlah tempat isolasi menjadi semakin sedikit. Salah satunya adalah Wisma Atlet yang saat ini jumlahnya sudah semakin penuh dari hari ke hari.

Menteri Kesehatan - Menkes Budi Gunadi Sadikin, menjelaskan untuk mengatasi masalah tersebut pemerintah telah menambah tempat isolasi untuk menampung pasien Covid-19 yang semakin membeludak. Salah satunya dengan memanfaatkan Rusun (rumah susun) Nagrak dan Pasar Rumput sebagai tempat isolasi untuk masyarakat.

“Di Nagrak ada 3 tower yang bisa menampung 4 ribu orang dan di Pasar Rumput bisa menampung 3 ribu. Kami berencana memindahkan OTG dan ringan ke Nagrak dan Pasar Rumput. Jadi kami memiliki kapasitas sekira 7 ribu tempat. Sementara Wisma Atlet untuk pasien menengah sementara yang berat akan dilarikan ke rumah sakit,” terang Menkes Budi, dalam sesi jumpa pers, Jumat (25/6/2021).

Rumah Sakit

(Ilustrasi)

Baca Juga : Masker Ganda Bisa Lindungi Tubuh dari Varian Delta?

Lebih lanjut, Menkes Budi menambahkan bahwa orang tanpa gejala (OTG) atau dengan gejala ringan, sedang, dan berat akan diatur dengan baik. Pada saat yang bersamaan Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini juga menjelaskan mengenai isu oksigen yang juga menjadi perbincangan belum lama ini.

“Untuk isu oksigen, bahwa oksigen yang tersedia saat ini cukup. Kami memiliki kapasitas produksi oksigen di Indonesia untuk oksigen industri sebesar 75 persen dan 25 persen untuk medis. Kami telah mendapatkan komitmen dari para supplier untuk mengalihkan alokasi oksigen industri ke medis. Sehingga kita masih memiliki persediaan yang cukup,” sambungnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini