Akhirnya Ibu Hamil Boleh Divaksin Covid-19, Catat Syaratnya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 481 2430820 akhirnya-ibu-hamil-boleh-divaksin-covid-19-catat-syaratnya-gVf7rbf8NX.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia semakin mengkhawatirkan setiap harinya. Per 24 Juni kemarin, angka kasus positif harian menembus lebih dari angka 20 ribu kasus.

Hal ini termasuk dengan semakin meningkatnya kasus ibu hamil yang terkonfirmasi Covid-19 di kota-kota besar dalam keadaan berat atau severe case. Adanya strain baru yakni varian Delta, menyebabkan populasi ibu hamil menjadi lebih rentan dan lebih cepat mengalami perburukan bahkan hingga kematian.

Ibu Hamil

Maka dari itu, perlu diambil langkah cepat sebagai salah satu upaya untuk melindungi ibu hamil dan sekaligus mencegah adanya peningkatan kasus secara besar-besaran. Melihat kondisi saat ini, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) pun diketahui baru saja mengeluarkan rekomendasi terkait melonjaknya kasus ibu hamil dengan Covid-19.

Baca Juga : Klaster Senam, Ibu Hamil 9 Bulan Positif Corona Meninggal Dunia

Dalam dokumen rekomendasi POGI yang ditandatangani oleh Ketua Umum POGI, dr Ari K Januarto SpOG(K)-Obginsos pada 22 Juni 2021, tentang lonjakan kasus ibu hamil dengan Covid-19 tersebut, disebutkan bahwa POGI merekomendasikan pemberian vaksin Covid-19 pada ibu hamil dengan kategori.

1. Ibu hamil dengan resiko tinggi yaitu usia di atas 35 tahun, memiliki BMI di atas 40.

2. Ibu hamil dengan komorbid diabetes serta hipertensi.

3. Vaksinasi juga direkomendasikan untuk diberikan pada kelompok ibu hamil yang punya resiko tinggi terpapar, terutama tenaga kesehatan.

4. Ibu hamil dengan resiko rendah, dengan catatan setelah mendapatkan penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedian atas pilihannya untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Untuk diketahui, rekomendasi POGI untuk ibu hamil di atas, disebutkan sudah sejalan dengan kebijakan berbasis bukti tentang Covid-19 pada ibu hamil, salah satunya kebijakan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa ibu hamil dengan usia di atas 35 tahun, IMT yang tinggi dan punya komorbid seperti diabetes dan hipertens, serta kelompok resiko tinggi terpapar Covid-19, direkomendasikan untuk mendapat vaksinasi Sinovac.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini