Tips Cegah Masalah Kesehatan Mental dan Kendalikan Emosi Selama Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 481 2431025 tips-cegah-masalah-kesehatan-mental-dan-kendalikan-emosi-selama-pandemi-covid-19-lmA31Qj3TE.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

PANDEMI Covid-19 yang hingga saat ini masih belum menemukan kejelasan kapan berakhir membuat masyarakat merasa jenuh dan bosan. Rasa takut hingga tantangan hidup yang semakin berat sejak Covid-19 muncul pertama kali pada 2020 membuat banyak orang mengalami masalah kesehatan mental. Tentunya jika tidak ditangani dengan baik, kondisi bisa semakin memburuk dan berbahaya.

Tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 telah berdampak banyak di tengah kehidupan masyarakat. Kemerosotan ekonomi, pembatasan interaksi sosial, perubahan ritme kehidupan, serta bayang-bayang kemungkinan terpapar virus terus menghantui masyarakat setiap harinya.

Kesehatan Mental

Merangkum dari laman Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Jumat (25/6/2021), membagikan tips menjaga kesehatan mental selama masa masa pandemi Covid-19. Setidaknya ada tiga hal yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Waspada terhadap hoax dengan memastikan informasi yang didapatkan mengenai Covid-19 berasal dari sumber yang terpercaya.

2. Jangan larut dalam kecemasan dan ketakutan yang dirasakan terhadap pandemi Covid-19.

3. Menjaga gaya hidup sehat dengan tidur cukup, konsumsi makanan bergizi, serta berolahraga secara teratur.

Baca Juga : Gaya Seksi Georgina Rodriguez Pakai Tanktop Ketat, Tasnya Rp322 Juta!

Tak hanya menjaga kesehatan mental, masyarakat juga diimbau bisa lebih baik dalam mengendalikan emosi. Setidaknya ada teknik relaksasi sederhana yang bisa dipelajari dan diterapkan dengan mudah pada diri sendiri, yakni:

1. Duduk dengan posis santai dan nyaman.

2. Pejamkan mata sembari bayangkan hal yang menyenangkan.

3. Tarik napas dari hidung lalu tahan tiga hitungan dan hembuskan nafas dari mulut.

4. Lakukan berulang sebanyak tiga kali dan bayangkan seolah beban pikiran sudah dilepaskan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini