Studi: Rambut Uban karena Stres Warnanya Bisa Kembali Gelap

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 26 Juni 2021 04:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 481 2431096 studi-rambut-uban-karena-stres-warnanya-bisa-kembali-gelap-HyonhCeiX1.jpg Ilustrasi rambut uban. (Foto: Huy Phan/Unsplash)

UBAN menjadi salah satu masalah rambut yang dialami banyak orang. Pria atau wanita tidak mengenal usia bisa mengalami rambut beruban.

Munculnya rambut berwarna abu-abu ini dipicu oleh berbagai faktor. Bisa dari genetik, pola hidup, atau bisa juga stres. Well, khusus rambut uban yang dipicu karena stres, ada fakta temuan terbaru yang menarik.

Baca juga: Alquran dan Sains: Tumbuhnya Uban Akibat Emosi dan Rasa Takut 

Dikutip dari laman Nypost, Sabtu (26/6/2021), berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan jurnal eLife pada Kamis 24 Juni disebutkan bahwa rambut beruban yang muncul karena stres bisa secara alami warnanya kembali menggelap dengan sendirinya.

Studi dilakukan oleh para peneliti dari Vagelos College of Physicians and Surgeons Universitas Columbia. Dari studi ini dicapai kesimpulan bahwa uban yang muncul karena stres yang signifikan bisa menghitam dengan sendirinya lewat proses dengan menganalisis rambut individu dari 14 sukarelawan.

Metode yang digunakan yakni dengan melihat sebagian kecil dari setiap rambut orang yang mencerminkan sekira 1 jam pertumbuhan rambut. Dari sini para ilmuwan bisa menemukan korelasi antara waktu stres dan waktu beruban di rambut.

Baca juga: Uban Mulai Tumbuh di Usia Muda, Lakukan 3 Cara Ini untuk Mengatasinya 

Tidak hanya itu, para peneliti juga menemukan bahwa periode relaksasi ini ternyata berkaitan dengan rambut beruban yang tumbuh menjadi hitam secara alami.

"Ada satu orang relawan yang pergi berlibur, dan lima helai rambut di kepala orang itu kembali jadi warna gelap selama liburan, disinkronkan dalam waktu," kata Profesor Martin Picard PhD, profesor kedokteran perilaku dan penulis senior studi.

Ia menambahkan, dalam rambut manusia sejatinya tersimpan sejarah dari manusia itu sendiri. "Sama seperti cincin di batang pohon menyimpan informasi tentang dekade terakhir dalam kehidupan pohon, rambut kita berisi informasi tentang sejarah biologis kita," ungkapnya.

Baca juga: Uban Muncul di Usia Muda, Lakukan 3 Cara Ini untuk Mengatasinya 

Para penulis studi mencatat kondisi pigmentasi ulang rambut ini berpeluang terjadi hanya dimungkinkan secara selektif di antara demografi usia tertentu.

"Jadi, kami tidak menganggap mengurangi stres di usia 70 tahun yang telah beruban selama bertahun-tahun lalu akan bisa menggelapkan rambut atau sebaliknya," pungkas Profesor Martin Picard.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini