4 Rempah Peningkat Imunitas, Cocok Dikonsumsi Selama Pandemi

Siska Permata Sari, Jurnalis · Sabtu 26 Juni 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 481 2431113 4-rempah-peningkat-imunitas-cocok-dikonsumsi-selama-pandemi-3OiF1jFlGa.jpg Kayu manis rempah-rempah peningkat imunitas tubuh cocok dikonsumsi selama pandemi covid-19. (Foto: Shutterstock)

HAL paling penting dilakukan selama pandemi covid-19 adalah menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu, meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Cara menambah imunitas tubuh sebenarnya mudah. Cukup rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Ditambah, mengolah dan mengonsumsi bahan-bahan herbal seperti rempah-rempah.

Baca juga: Biji Pala Banyak Khasiatnya untuk Kesehatan, Ini 7 di Antaranya 

Ya, beberapa rempah yang mudah ditemui di dapur ternyata memiliki manfaat mengagumkan untuk sistem kekebalan tubuh. Anda bisa menggunakannya untuk membuat makanan atau minuman yang enak serta sehat untuk dikonsumsi di masa pandemi covid-19 seperti sekarang.

Lantas, rempah-rempah apa saja yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh? Berikut daftarnya, seperti telah MNC Portal rangkum.

Jahe. (Foto: Freepik)

1. Jahe

Rempah-rempah paling terkenal memiliki manfaat kesehatan adalah jahe. Jahe telah digunakan sebagai suplemen dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Jahe terkenal dengan manfaatnya untuk mengobati ragam penyakit. Mulai dari mual dan muntah, pilek, hingga radang sendi.

Berdasarkan penelitian, hal tersebut lantaran sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang ada pada jahe. Untuk memanfaatkan rempah-rempah ini, Anda bisa membuat teh atau susu jahe.

Baca juga: Mengenal Saffron, Rempah-Rempah yang Bisa Mempercantik Kulit Wajah 

2. Kayu manis

Berikutnya ada kayu manis. Rempah-rempah ini memiliki aroma yang hangat dan khas. Namun, bukti terkait efek atau kemampuan kayu manis untuk sistem kekebalan belum dapat disimpulkan. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis memiliki sifat antibakteri. Kayu manis juga tercatat mempunyai sifat antiinflamasi dan antioksidan seperti jahe.

3. Kunyit

Di daftar selanjutnya ada kunyit. Rempah-rempah yang satu ini mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di antaranya mencegah penyakit jantung, meringankan gangguan menstruasi, mencegah kanker, dan mengatasi gangguan pencernaan.

Baca juga: Sehatnya Minuman Rempah-Rempah Khas Gresik, Cocok untuk Buka Puasa 

4. Bawang putih

Di urutan terakhir ada bawang putih. Rempah-rempah yang sangat populer dan selalu menjadi bagian dari masakan-masakan Nusantara. Di luar itu, bawang putih adalah rempah-rempah yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengapa? Karena bawang putih mengandung antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi. Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi keparahan gejala pilek dan flu, serta dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Anda bisa memanfaatkan bawang putih ini dengan membuat sup ayam yang lezat.

Bawang putih. (Foto: Stevepb/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini