Tips Psikolog agar Gen Z Tak Over Pede

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 612 2430750 tips-psikolog-agar-gen-z-tak-over-pede-lmNxaR5eeT.jpg Over pede (Foto: Personnel today)

GEN Z selain kreatif dan banyak ide, mereka juga berani untuk mengungkapkan ekspresinya. Secara karakteristik generasi Z (yang lahir mulai sekitar tahun 1996-1997 hingga 2009), memiliki karakter lebih percaya diri dibandingkan dengan generasi-generasi senior di atasnya.

Dari hasil survey GADIS “Sweet Character in Gen Z” tahun 2021, sebanyak 71 persen generasi Z ini sudah memiliki rasa percaya diri yang baik dalam dirinya. Sehingga ini bisa jadi bekal, untuk bisa menampilkan potensi terbaik dari diri sendiri dan juga mengatasi tantangan hidup.

 over pede

Tapi, karakter percaya diri ini jika tak dikelola dengan baik pastinya bisa berbalik menjadi suatu kekurangan dalam diri tiap individu generasi Z, yang akhirnya bisa menjadi bumerang yang merugikan.

Lalu bagaimana cara supaya Anda, yang masuk dalam generasi Z untuk tidak menjadi over PD alias percaya diri berlebihan?

Satu kunci utama disebutkan oleh psikolog klinis, Tara de Thouars, BA, M. Psi, yakni harus memikirkan orang lain.

“Karakter gen Z itu kan fokus di aku, aku, dan aku banget. Nah biar enggak over PD, kita harus tetap memikirkan orang lain bukan hanya aku, aku dan aku. Itu sebabnya, penting untuk membangun karakter sweet (ramah, menyenangkan, peduli dan empatik) dalam diri agar kadar PD tetap sesuai dan bisa jadi balance,” jelas Tara kemarin.

Tara mengingatkan, rasa percaya diri yang berlebihan tak pada tempatnya, nyatanya bukan hanya bisa merugikan diri sendiri. Tapi juga berdampak ke orang lain di sekitar.

“Merugikan diri sendiri dan orang lain, saking pedenya sampai enggak peduli tuh sama orang lain. Omongannya jadi enggak baik, menunjukkan diri juga jadi berlebihan,” pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini