Tasya Farasya Bingung Minyak Kayu Putih Boleh Diminum atau Tidak, Ini Hasil Penelitiannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 612 2430892 tasya-farasya-bingung-minyak-kayu-putih-boleh-diminum-atau-tidak-ini-hasil-penelitiannya-GO6vIdRQ2i.jpg Tasya Farasya (Foto : @tasyafarasya/Instagram)

TASYA Farasya bingung, minyak kayu putih boleh diminum atau tidak untuk memperbaiki indera perasanya yang rusak akibat positif Covid-19. Polling digital pun dilempar beauty influencer tersebut dan hasilnya setengah bilang boleh, setengah lainnya jangan.

Sampai saat ini pun Tasya Farasya masih mencari tahu kebenaran terapi minum minyak kayu putih untuk penyembuhan penyakit. Ia pun sepertinya ada perasaan ingin menjajal karena banyak klaim yang bilang boleh. Tapi, ia pun ragu untuk menjajalnya.

Tasya Farasya

Klaim yang ditawarkan dari minum minyak kayu putih adalah membuat dada terasa lebih lega dan sesak napas teratasi. Bahkan, menurut informasi yang ditemukan Tasya di salah satu laman penjual, dengan meneteskan minyak kayu putih ke lidah, indera perasa yang rusak akibat Covid-19 dapat diperbaiki.

Baca Juga : Viral Hotman Paris Terapi Minyak Kayu Putih dari Teko Panas, Netizen: Awas Kena Bibir

Lantas, apa boleh minum minyak kayu putih?

Dilansir dari laporan berjudul 'Eucalyptus Oil Poisoning' yang diterbitkan di NCBI, penggunaan minyak kayu putih memang sudah banyak dilakukan sejumlah orang untuk meringankan gejala penyakit umum. Terkait dengan apakah aman meminum larutan minyak kayu putih, rupanya para peneliti mengatakan berbahaya.

"Toksisitas ekstrim setelah mengonsumsi minyak kayu putih telah dilaporkan dengan baik, tetapi kesadaran publik umumnya kurang," terang laporan tersebut.

Ada beberapa indikasi yang muncul ketika Anda meminum minyak kayu putih, bahkan dikatakan di sana, gejala toksiknya bisa muncul segera, misalnya sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan, sakit perut, dan muntah mendadak.

Selanjutnya, efek lain yang muncul setelah Anda mengonsumsi minyak kayu putih adalah terjadi rangsangan di sistem saraf pusat (SSP). Ini ditandai dengan pusing, ataksia, dan disorientasi yang diikuti kehilangan kesadaran yang biasanya terjadi setelah 10-15 menit usai Anda mengonsumsi minyak kayu putih.

Pada anak-anak, reaksi yang terjadi bahkan bisa kejang-kejang. Tapi, pada kasus orang dewasa, reaksi ini sangat jarang terjadi. Namun, risiko kematian di depan mata bagi orang dewasa yang berani mengonsumsi minyak kayu putih sebanyak 30 ml.

Laporan ini pun mencatat, dari 109 anak yang mengonsumsi minyak kayu putih, 59 persen di antara mereka mengeluarkan gejala buruk di atas. Lalu, tercatat anak yang mengalami kondisi keracunan minor seperti ataksia, muntah, dan nyeri perut (30%), alami keracunan sedang (25%), dan keracunan mayor hingga koma (4%).

"Depresi kesadaran yang signifikan harus diantisipasi setelah konsumsi 5 ml dan depresi kesadaran ringan dapat terjadi bahkan hanya mengonsumsi 2-3 ml," rangkum penulis.

Dijelaskan juga di sana bahwa saat minyak kayu putih pasaran tertelan, minyak itu akan terdistribusi ke seluruh tubuh dan upaya eliminasi dengan menggunakan arang aktif tidak mungkin membantu secara signifikan. Ini menjadi catatan penting bahwa minyak kayu putih dilarang dikonsumsi oral (diminum).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini