6 Posisi Ideal Bersepeda, Cegah Tubuh Mudah Lelah dan Pegal-Pegal

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 26 Juni 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 612 2431075 6-posisi-ideal-bersepeda-cegah-tubuh-mudah-lelah-dan-pegal-pegal-YlUPLDvvJW.jpg Ilustrasi posisi ideal bersepeda. (Foto: Markus Spiske/Unsplash)

MENGENDARAI sepeda merupakan olahraga yang menyenangkan serta menyehatkan tubuh. Selain itu, bersepeda dapat membantu menghilangkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Namun Anda mesti hati-hati terjadi jika mudah lelah serta muncul pegal-pegal saat mengendarai sepeda. Bisa jadi Anda bersepeda dengan postur dan posisi berkendara yang salah.

Baca juga: Mengenal Runner face, ketika Wajah Tampak Lebih Tua karena Lari hingga Bersepeda 

Nyatanya bersepeda tidak hanya mengandalkan keseimbangan, tetapi ada aspek lain yang mesti Anda perhatikan yaitu postur tubuh yang benar. Itu menjadi hal penting saat mengendarai sepeda.

Postur tubuh yang tidak tepat dapat menyebabkan tubuh sakit, pegal, dan tidak akan dapat menikmati olahraga sepenuhnya.

Penting Anda harus mengetahui dasar-dasar posisi tubuh yang ideal saat mengendarai sepeda. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Times of India.

Olahraga bersepeda.

1. Buat bahu serileks mungkin

Anda harus menjaga bahu ke bawah dalam posisi santai. Lalu selanjutnya bahu Anda harus berada jauh dari telinga. Umumnya terjadi saat Anda coba berkendara cepat namun itu membuat bahu menjadi kaku. Kebanyakan orang berada dalam posisi yang seperti itu, sehingga menjadi tidak nyaman dalam mengendarai sepeda.

2. Harus dapat menggerakkan kepala

Selanjutnya Anda bisa lakukan dengan lengan menurunkan bahu lalu bisa dengan mudah menggerakkan kepala dengan lebih santai. Hal ini dilakukan untuk membantu tetap waspada dan fokus saat melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda.

Baca juga: 5 Pilihan Handlebar Bag Lokal Keren bagi Para Pesepeda 

3. Siku harus ditekuk

Usahakan saat mengendarai sepeda, tangan dalam posisi santai dan siku harus ditekuk seperti halnya bertindak sebagai suspensi. Dengan cara menekuk siku akan mengurangi ketegangan pada bahu Anda serta mengurangi tekanan pada tangan.

4. Hindari menekuk pergelangan tangan

Pastikan Anda tidak menekuk pergelangan tangan saat bersepeda. Posisikan tangan mulai dari siku hingga jari-jari tepat pada pososi rem tangan dan harus berada dalam garis lurus. Jika merasa sulit untuk menerapkan posisi ini, ada kemungkinan sepeda yang digunakan tidak sesuai postur badan Anda. Pilihlah ukuran sepeda yang sesuai dengan postur badan Anda.

Baca juga: Bukan Cuma Turunkan Berat Badan, Bersepeda Juga Atasi Masalah Tulang 

5. Tulang belakang harus lurus

Pastikan punggung harus rileks dan tulang belakang wajib dalam posisi lurus. Hindari membungkuk pada saat posisi berkendara karena dapat memberikan tekanan pada tangan dan bahu Anda. Pinggul dan bahu Anda harus berada dalam garis lurus.

6. Lutut harus sejajar dengan pedal

Lutut Anda harus tepat di atas kaki atau pedal. Jika lutut Anda condong ke luar, maka itu dapat menyebabkan rasa sakit di lutut dan kaki Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini