5 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi dari Dokter Kejiwaan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 26 Juni 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 26 481 2431246 5-tips-menjaga-kesehatan-mental-di-tengah-pandemi-dari-dokter-kejiwaan-XFOnpcO1X6.jpg Sedih akibat pandemi (Foto: Pinterest)

IMUNITAS kuat tak hanya berasal dari upaya menjaga tubuh tetap bugar, tetapi mental pun harus diperhatikan. Ini yang menjadi salah satu senjata kita berhasil melawan Covid-19.

Namun, tak dapat ditampik bahwa di tengah pandemi, terlebih kondisi saat ini di mana lonjakan kasus meroket tajam, kesehatan mental mudah sekali goyah. Paparan informasi buruk dan menakutkan membuat mental 'down' dan memengaruhi imunitas.

Nah, supaya mental tetap terjaga kesehatannya, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) memberikan 5 rekomendasi tips menjaga mental sehat selama pandemi. Yuk simak:

 sedih

1. Apabila merasa sedih, cemas, takut, marah, frustasi, adalah normal di masa krisis ini. Cobalah bercerita pada orang yang dipercaya untuk membantu meredakan perasaan tersebut.

2. Tetap jaga pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, tidur yang cukup, olahraga, dan lakukan kontak sosial dengan orang-orang yang dikasihi melalui media komunikasi yang ada. Jangan lupa lakukan hobi yang Anda sukai.

3. Batasi membaca, menonton, atau mendengar berita yang berlebihan tentang Covid-19. Ambil jarak sejenak dari berita yang berlebihan. Lakukan diet media sosial. Pilahlah berita dari sumber yang terpercaya.

4. Atasi stres, pikiran, dan perasaan yang berat dengan melakukan manajemen stres seperti latihan pernapasan, relaksasi otot progresif, teknik 'grounding', 'mindfulness', 'journaling', dan lain sebagainya.

5. Konsultasikan ke profesional kesehatan mental seperti psikiater apabila terdapat gejala-gejala gangguan jiwa yang mulai mengganggu fungsi dan produktivitas sehari-hari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini