5 Cara Murah dan Mudah Peroleh Vitamin D

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 28 Juni 2021 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 27 612 2431741 5-cara-murah-dan-mudah-peroleh-vitamin-d-QmR0wzFWYw.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VITAMIN D memang sangat diperlukan untuk membantu memperkuat otot, melawan peradangan, mencegah diabetes, hingga yang terpenting saat ini adalah menjaga imunitas tubuh. 

Memang, kebutuhan vitamin D berbeda-beda berdasarkan golongan usia. Bagi anak-anak berusia di atas satu tahun, direkomendasikan untuk mendapatkan lebih dari 600 IU vitamin D per hari. 

Kemudian untuk orang dewasa, baik perempuan maupun pria, sama-sama membutuhkan 600 IU. Sementara itu, untuk orang lanjut usia (lansia) atas 70 tahun, membutuhkan 800 IU vitamin D.

Cara termudah untuk memenuhi asupan vitamin D adalah mengonsumsi suplemen. Namun, ada lagi cara yang tak kalah mudah dan tentunya murah untuk mendapatkan vitamin yang satu ini. Apa saja? Simak informasinya, dirangkum dari Healthline.

Vitamin D

Berjemur di bawah sinar matahari

Cara paling mudah dan gratis untuk mendapatkan vitamin D adalah berjemur di pagi hari. Sebab, sinar matahari penting untuk pembentukan vitamin D. Pengaktifan vitamin D ini dapat terjadi dengan bantuan sinar matahari. 

Oleh karena itu, berjemurlah di bawah sinar matahari pagi sejak terbit sampai pukul 09.00 dan sore pukul 15.00 sampai matahari terbenam. Lakukan selama 10 hingga 15 menit.

Konsumsi ikan-ikanan

Ikan berlemak dan makanan laut adalah salah satu sumber vitamin D yang baik. Misalnya saja, porsi 3,5 ons atau 100 gram ikan salmon kalengan, dapat menyediakan hingga 386 IU vitamin D, yang artinya itu 50 persen dari kebutuhan harian. Selain ikan salmon, Anda juga bisa mengonsumsi ikan tuna, kembung, sarden, teri, tiram, hingga udang.

Mengonsumsi jamur

Selain ikan, jamur juga sumber vitamin D yang baik. Terlebih bagi Anda yang merupakan seorang vegetarian. Seperti manusia, jamur rupanya juga dapat membuat vitamin D sendiri setelah terpapar sinar UV. 

Bila manusia menghasilkan bentuk vitamin D yang dikenal sebagai D3 atau cholecalciferol, sedangkan jamur menghasilkan D2 atau ergocalciferol. Untuk kadar vitamin D pada jamur, bisa berbeda-beda tergantung varietasnya.

Mengonsumsi kuning telur

Selanjutnya adalah mengonsumsi kuning telur. Kuning telur adalah sumber vitamin D lain yang dapat Anda tambahkan dengan mudah ke dalam rutinitas Anda. Seperti banyak sumber makanan alami lainnya, kuning telur memiliki kandungan vitamin D yang bervariasi.

Minum susu dan yoghurt

Selain rasanya enak, susu dan yoghurt merupakan jenis-jenis makanan yang diperkaya vitamin D. Jika Anda memiliki intoleransi susu sapi, maka Anda bisa mencoba alternatif susu nabati seperti kedelai, almond, dan sari biji hemp.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini