Tingkatkan Kesehatan, Indonesia Tandatangani Kesepakatan Kerja Sama dengan Denmark

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 28 Juni 2021 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 481 2432128 tingkatkan-kesehatan-indonesia-tandatangani-kesepakatan-kerja-sama-dengan-denmark-JTNT7sQxmr.jpg Menkes Budi Gunadi (Foto: Setpress)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama Menteri Kesehatan Denmark, Magnus Heunicke, menandatangani MoU bidang Kesehatan secara virtual, pada Jumat 25 Juni 2021. Penandatanganan MOU juga dihadiri oleh Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Lars Bo Larsen, dan Duta Besar Indonesia untuk Denmark, Dewi Savitri Wahab.

Dalam MoU yang ditandatangani kedua menteri tersebut, tertuang lima area kerja sama. Di antaranya adalah Pelayanan Kesehatan Dasar, Pengobatan Jarak Jauh dan Kesehatan Digital, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dengan fokus pada Penyakit Tidak Menular, Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Kesehatan, dan Penelitan dan Pengembangan di Bidang Kesehatan.

 Menkes Budi Gunadi

Berdasarkan Siaran Pers yang diterima MNC Portal, Senin (28/6/2021), adapun bentuk kerjasama yang bakal dilaksanakan antara lain berbagi informasi, pengetahuan dan teknologi. Selain itu ada pula peningkatan kemitraan dan kerjasama dengan organisasi non-pemerintah, lembaga akademik dan organisasi masyarakat, penyelenggaraan pelatihan, seminar, dan lokakarya.

Dalam sambutannya, Menkes Budi menyambut baik adanya MoU Bidang Kesehatan Indonesia-Denmark dan berharap MoU tersebut dapat bermanfaat oleh kedua negara dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan.

Sejalan dengan Menkes Budi, Menteri Kesehatan Denmark juga menyambut baik adanya MoU dan siap mendukung Indonesia dalam upaya memperkuat bidang kesehatan.

Selain penandatanganan MoU Bidang Kesehatan, juga ditandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kemenkes RI dengan pihak swasta mengenai Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, khususnya Diabetes Melitus.

Dalam kesepakatan tersebut, PKS ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, drg. Oscar Primadi, MPH dan Vice President & General Manager PT Novo Nordisk Indonesia, Anand Shetty. Tujuan kerjasama tersebut antara lain untuk meningkatan kesadaran masyarakat mengenai pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular, seperti Diabetes Melitus.

Selain itu, kerjasama ini juga berupaya meningkatan kapasitas tenaga kesehatan dalam meningkatkan akses pelayanan kesehatan kepada penderita penyakit tidak menular, serta melakukan studi evaluasi ekonomi kesehatan terkait penyakit Diabetes Melitus.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini