Share

Baru Saja Dapat Vaksin Covid-19, Hindari 4 Hal Ini Ya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 481 2432255 baru-saja-dapat-vaksin-covid-19-hindari-4-hal-ini-ya-dSLloPQRzL.jpeg Penyuntikan vaksin covid-19. (Foto: Okezone)

PEMERINTAH Indonesia sedang gencar menyuntikkan vaksin covid-19 kepada masyarakat. Ini dimaksudkan untuk mempercepat hadirnya kekebalan kelompok atau herd immunity.

Dalam mendapatkan vaksin covid-19, ternyata ada hal-hal yang wajib diketahui para penerimanya. Ini terutama hal-hal apa saja pantangan yang mesti dijalani seseorang ketika baru saja divaksin.

Setidaknya ada empat hal yang tidak boleh dilakukan seseorang setelah mendapat vaksinasi covid-19. Apa saja? Berikut detailnya, seperti dilaporkan laman Pinkvilla.

Baca juga: WHO Minta Negara Kaya Segera Sumbang Vaksin Covid-19 ke Negara Miskin 

1. Jangan pernah melepas masker

Setelah divaksin, tubuh mungkin lebih terlindungi dari virus covid-19. Jadi akan lebih aman di tempat umum dibandingkan orang yang belum disuntikkan vaksin. Tapi bukan berarti bisa bepergian tanpa masker. Tetap gunakan masker, ikuti jaga jarak sosial, dan hindari pergi ke pertemuan yang terdapat kerumunan.

Masker cegah covid-19.

2. Jangan pernah mengabaikan kesehatan

Setelah divaksin, tubuh membutuhkan waktu untuk mengembangkan antibodi dan membangun kekebalan terhadap virus covid-19. Jadi tubuh memiliki peluang tinggi terinfeksi virus dalam beberapa hari setelah vaksinasi. Jadi tetap perhatikan kesehatan, selalu waspada dan jangan keluar rumah tanpa masker.

Baca juga: Wanita Singapura Tawarkan Imbalan Rp10 Juta demi Dapat Vaksin Sinovac 

3. Jangan melakukan pekerjaan berat

Sangat normal jika tubuh merasa lelah dan kekurangan energi setelah menjalani vaksinasi covid-19. Jadi, jangan memaksakan diri melakukan pekerjaan berat. Segera istirahat yang cukup.

4. Jangan membuang sertifikat vaksinasi

Setelah mendapatkan dosis pertama vaksinasi covid-19, pastikan tidak kehilangan kartu atau sertifikat vaksinasi. Supaya mendapat dosis kedua vaksin, Anda memerlukan sertifikat sebagai bukti.

Setelah mendapat dosis kedua, Anda mungkin akan memerlukan sertifikat untuk bepergian dengan bebas ataupun melakukan sesuatu yang membutuhkan syarat tersebut. Jadi, pastikan selalu menyimpan sertifikat vaksinasi covid-19 dengan benar.

Baca juga: Cek Fakta: Pria Ini Meninggal setelah Makan Durian Usai Vaksin Covid-19 

Vaksinasi covid-19. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini