4 Cara Sederhana untuk Mendapatkan Rambut Tebal, Dicoba Yuk!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 28 Juni 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 611 2432150 4-cara-sederhana-untuk-mendapatkan-rambut-tebal-dicoba-yuk-PGkf9ZhSnX.jpg Rambut tebal (Foto: Vedix)

POLUSI udara, stres, dan gaya hidup yang tidak sehat dapat berdampak pada kesehatan rambut. Rambut rontok terus-menerus, kerusakan, rambut beruban prematur, dan rambut menipis adalah beberapa masalah rambut umum.

Penggunaan beberapa produk rambut sekaligus serta penataan rambut yang terlalu sering dapat berpengaruh terhadap kepadatan rambut, meskipun mungkin ada juga kontribusi genetik. Namun, dengan beberapa kebiasaan sehat dan rutinitas perawatan diri, kepadatan rambut dapat meningkat secara bertahap.

Dilansir dari laman Femina India, berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kembali rambut yang indah dan tebal.

 rambtut

1. Kelola Stres

Stres adalah salah satu masalah paling umum dan merugikan yang berdampak pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk pertumbuhan dan kepadatan rambut.

Meskipun kita merasa sulit untuk mengendalikannya, stres bertanggung jawab atas berbagai komplikasi dalam tubuh kita. Ini dapat memicu sistem kekebalan tubuh kita dan membuatnya lemah sehingga menyebabkan rambut rontok.

Menjaga memeriksa tingkat stres Anda adalah penting. Cara termudah adalah dengan memasukkan yoga dan meditasi dalam rutinitas harian Anda. Ini menciptakan aura positif, ketenangan pikiran yang sehat, dan membantu menghilangkan stres.

2. Lakukan Trim Secara Berkala

Ketika rambut tumbuh panjang tanpa dipangkas, ujungnya menjadi lebih tipis dan berkembang menjadi bercabang. Rambut yang lebih tipis juga membuat rambut terlihat lemah dan tidak bernyawa. Pemangkasan rambut tepat waktu dapat memastikan rambut sehat dan tampak lebih penuh.

Memangkas rambut tidak hanya akan menghilangkan ujung bercabang tetapi juga mendorong pertumbuhan rambut yang lebih cepat dan sehat. Disarankan untuk memangkas rambut Anda setiap dua bulan sekali. Ini, bila dilakukan secara teratur, membantu menjaga kepadatan rambut dan membuatnya tetap bervolume.

3. Konsumsi Suplemen

Terkadang tubuh kita membutuhkan nutrisi tambahan yang tidak kita dapatkan dari pola makan kita yang biasa. Biasanya, apapun yang kita makan tidak memenuhi syarat dan terutama untuk menjaga kesehatan rambut. Berfokus pada rambut tidak hanya membutuhkan diet sehat tetapi suplemen tambahan yang dapat menutupi kekurangan diet Anda.

Suplemen tambahan termasuk kolagen, biotin, dan vitamin rambut dengan vitamin A, B dan C. Pilih vitamin rambut yang nabati atau organik karena tidak memiliki efek samping dan memberi manfaat bagi rambut Anda dengan cara yang paling alami. Juga, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahli sebelum mengambil suplemen tersebut.

4. Konsultasikan dengan Spesialis

Terkadang, penurunan kepadatan rambut yang konstan atau rambut yang tiba-tiba merupakan indikator masalah yang lebih besar. Jika memperbaiki pola makan Anda dan memilih pengobatan alami tidak membantu, maka pilihan terbaik adalah mengunjungi ahli trikologi.

Penipisan rambut di area mahkota, kehilangan lebih banyak helai dari biasanya saat keramas, di atas kulit kepala yang dehidrasi, adalah beberapa masalah yang mungkin atau mungkin tidak dapat diselesaikan dengan metode sementara dan memerlukan bimbingan ahli.

Spesialis rambut akan mengevaluasi masalah Anda secara mendalam dan mencari tahu apakah ada penyakit yang mendasari penyebabnya. Kepadatan rambut juga merupakan akibat dari depresi, radang sendi dan bahkan kanker yang memerlukan solusi lanjutan. Oleh karena itu, hanya dokter yang dapat membantu Anda mendiagnosis dan tidak hanya akan memandu Anda dengan lebih baik, tetapi juga membantu solusi dalam jangka panjang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini