Hadapi Perubahan, Cici Panda Extra Miles Mengasuh Anak di Masa Pandemi

MNC Media, Jurnalis · Senin 28 Juni 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 612 2432212 hadapi-perubahan-cici-panda-extra-miles-mengasuh-anak-di-masa-pandemi-fUSKMyqUgO.jpg Cici Panda (Foto : Wahana Visi Indonesia)

KELUARGA Veronica Felicia Kemala atau yang akrab disapa Cici Panda sempat mengalami 'guncangan' besar di awal masa pandemi. Pekerjaan sebagai master of ceremony (MC) turut terdampak dengan banyaknya pembatalan acara/kegiatan. Ini membuat ibu dari Alika dan Kamala ini harus menyesuaikan gaya hidup keluarga dan menerapkan perubahan di rumah.

"Semua kerjaan dicancel, gak ada persiapan. Tabungan juga seadanya, dan suami kerjanya di bidang yang sama juga," Panda bercerita dalam webinar "Apa Kabar Keluarga Kita" yang diadakan oleh Wahana Visi Indonesia, Sabtu (26/6)lalu.

Namun, Panda dan suaminya dapat dengan tenang menyampaikan dengan tenang kepada anak sulung mereka, Alika (10), tentang kondisi tersebut, dan bahwa harus ada penyesuaian yang dilakukan agar keluarga dapat survive.

Cici Panda

"Bagi anak-anak tentu tidak mudah harus mengalamiperubahan, misalnya menyalakan ACsekarang hanya boleh di satu ruangan saja. Apalagi anak pertamaku itu kritis sekali, banyak pertanyaan dari dia, sampai kapan? Saya menjawab Alika dengan jujur tetapi juga dengan tidak membuatnya panik atau khawatir," tutur Panda.

Baca Juga : 6 Tips Jaga Kesehatan Mental dalam Keluarga Selama Pandemi Covid-19

Hingga akhirnya kini ia, suami dan dua anaknya dapat melalui pandemi sejauh ini. Kata Panda,itu karena mereka sudah melalui proses yang panjang dengan berbagai tantangan naik dan turun. Ada masanya, ia dan suami berkonsultasi dengan psikolog anak untuk belajar bagaimana mengasuh anak di tengah berbagai tekanan.

"Sebagai orang tua, mau nggak mau kita harus melakukan extra miles demi kebaikan bersama. Dan memang benar, setelah kami belajar melalui sesi-sesi konsultasi itu, dan akhirnya mengerti harus melakukan apa, jadi lebih mudah juga menghadapi anak yang jenuh, stres, dan membutuhkan aktivitas menyenangkan," ungkap mantan penyiar radio ini.

Sekarang, ternyata lebih mudah mencari kegiatan bersama. Sejak ada aturan menyalakan AC hanya di satu ruangan, Panda dan keluarga malah jadi lebih sering berkumpul, berdiskusi,termasuk menentukan menu makanan, aktivitas bersama, hingga bergantian menonton televisi.

"Walaupun kita sibuk, usahakan sempatkan waktu khusus untuk anak. Cinta itu energi, kalau kita sungguh-sungguh mencintai anak, pasti terpancar dan pasti bisa kok dirasakan oleh anak," kata Panda.

Apa yang dilakukan oleh Panda dan keluarga dapat menjadiinspirasi bagaimana menerapkan pola pengasuhan dengan cinta. WVI memiliki modul pengasuhan dengan cinta dan telah mendampingi banyak keluarga untuk dapat mengekspesikan cinta, membangun komunikasi dan menjadi teladan bagi anak. Ketahui lebih banyak tentang Pengasuhan dengan Cinta di:https://wahanavisi.org/id/media-materi/publikasi

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini