Hati-Hati Virus Covid-19 Bisa Hidup di Tembok hingga 9 Hari Loh

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 481 2432419 hati-hati-virus-covid-19-bisa-hidup-di-tembok-hingga-9-hari-loh-YdlLiM4SVB.jpg Ilustrasi. (Foto: Huffingtonpost)

VIRUS corona bisa menempel di banyak benda sekitar rumah Anda. Salah satunya yakni menempel di dinding, yang tentu mengkhawatirkan.

Dokter Spesialis Paru RSU Adhyaksa dr Ahmad Muslim Nazaruddin, SpP FERS menjelaskan, banyak benda di dalam rumah yang bisa menjadi transmisi penularan virus. Pintu, permukaan furniture, sakelar listrik, remote TV, handphone, atau tembok rumah bisa menjadi sumber penularan virus.

“Khusus dinding atau tembok, virus corona dapat bertahan hidup dalam kisaran 2 jam hingga 9 hari. Hal tersebut bergantung pada suhu, kelembapan, dan paparan sinar matahari hingga sirkulasi udara pada ruangan,” kata Dokter Ahmad lewat keterangan resminya.

 rumah

Karena itu, disarankan dr Ahmad, menjaga kebersihan rumah serta sterilisasi rumah sangat dibutuhkan. Setiap hari, terutama pulang bekerja atau melakukan aktivitas lain di rumah rumah perlu disinfektan.

Kemudian setiap pekan Anda bisa melakukan sterilisasi virus dengan cara lain. Pastikan di rumah Anda punya ventilasi udara dan banyak jendela, agar mendapat sinar matahari cukup.

Kalau dirasa masih kurang, khusus bagian tembok, Anda bisa mendekorasi ulang dengan cat antivirus salah satunya. Cocok banget nih buat Anda yang juga bosan dengan warna cat rumah lama.

Memilih warna cat tidak hanya sebagai dekorasi ruangan, tapi juga berpengaruh pada psikologis dan suasana hati penghuninya loh.

Dituturkan Jon Tan dari Nippon Paint Indonesia, saat ini sudah ada inovasi cat dengan formula silver-ion yang tidak hanya basmi bakteri, tapi juga virus

“Cat formula itu memberikan perlindungan rumah yang aman dan sehat bagi keluarga. Khususnya tembok yang merupakan area paling luas di dalam rumah,” ungkapnya.

Cat tersebut bahkan sudah dianalisa di laboratorium. Virus Sars-Cov akan mati setelah terjadi kontak dengan lapisan cat yang sudah dilengkapi formulasi tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini