Vaksin Covid-19 yang Ada Efektif Lawan Varian Lambda? Begini Jawaban Kemenkes

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 481 2432561 kemenkes-jawab-efektivitas-vaksin-covid-19-terhadap-varian-lambda-TiDPfTkM1U.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

Varian Lambda menjadi pembahasan hangat sekarang ini, meskipun varian Covid-19 yang pertama kali teridentifikasi di Peru tersebut tidak ditemukan di Indonesia. Salah satu hal yang dipersoalkan adalah mengenai vaksin yang ada sekarang apakah cukup efektif menghalau paparan varian Lambda.

Menjawab soal itu, Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bahwa vaksin yang dimiliki Indonesia sekarang masih sangat efektif melawan varian Covid-19 termasuk varian Lambda.

"Masih sangat efektif," terang Siti Nadia saat dihubungi MNC Portal, Selasa (29/6/2021).

Vaksin Covid-19

Namun, Siti Nadia tak menampik bahwa beberapa vaksin dilaporkan mengalami penurunan efikasi pada pengujian varian Covid-19. Meski begitu, penurunan efikasi itu tak bermakna karena nilainya sangat kecil yang artinya vaksin masih cukup efektif melawan varian Covid-19.

"Meski terjadi penurunan efikasi pada beberapa hasil uji, itu tidak membuat vaksin menjadi tidak bermanfaat sama sekali. Jadi, ditegaskan sekali lagi bahwa vaksin Covid-19 yang ada sekarang masih sangat baik melindungi tubuh dari paparan varian Covid-19," ungkapnya.

Baca Juga : Belum Ditemukan di Indonesia, Perlukah Khawatir dengan Covid-19 Varian Lambda?

Varian Lambda sendiri memiliki karakteristik yang diduga sangat mudah menyebar dibandingkan dengan virus SARS-CoV2 original. Selain itu, varian Lambda ini diduga juga memiliki kemampuan memengaruhi faktor netralisasi vaksin.

"Jadi, kerja vaksin itu kan menetralisir antigen yang masuk nah varian ini mempunyai kemampuan buat mengganggu proses netralisasi tersebut. Tapi ini masih dugaan, ya, karena belum banyak laporan lain memperkuat informasi tersebut," tambah Siti Nadia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini