Anggota Komisi IX DPR Sebut Wacana PPKM Darurat Bakal Dijelaskan Salah Satu Menko

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 481 2432610 anggota-komisi-ix-dpr-sebut-wacana-ppkm-darurat-bakal-dijelaskan-salah-satu-menko-mLlkBcOEp4.jpg Patuhi protokol kesehatan cegah penularan Covid-19 (Foto : Okezone)

ISU terkait keputusan Presiden Joko Widodo dalam mengambil kebijakan PPKM Darurat sedang menjadi perbincangan hangat saat ini. Kabar tersebut bocor di tengah situasi Indonesia yang tidak kondusif akibat ledakan kasus Covid-19 yang semakin tidak terkendali. Hingga saat ini memang belum ada pernyataan resmi dari pihak pemerintah, namun wacana tersebut sudah banyak di media.

Menjawab hal tersebut Anggota Komisi IX DPR yang bermitra dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Saleh Daulay menyebut bahwa kabar mengenai PPKM Darurat adalah kebijakan yang masih belum diumumkan secara resmi oleh pemerintah. Oleh sebab itu ia meminta masyarakat untuk lebih sabar dalam menunggu untuk menghindari kesalahpahaman informasi.

Pakai Masker

“Jadi sebaiknya kita tunggu nanti pemerintah akan mengumumkan seperti apa. Yang perlu dicermati adalah soal definisi dari PPKM Darurat ini, sebab kan sudah banyak sekali istilah yang muncul dalam kebijakan yang diambil pemerintah dalam penanganan Covid-19,” terang Saleh, saat dihubungi MNC Portal, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga : Dulu PSBB Sekarang PPKM, Apa Bedanya?

Ia berkaca dari penanganan Covid-19 sebelumnya dimana terdapat aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berubah menjadi Pembatasan kegiatan Masyarakat (PKM) dan sekarang ada istilah yang ditawarkan dan juga telah berkali-kali disebut yaitu tentang lockdown. Tentunya penyebutan ini harus dibedakan agar tidak menyebabkan kebingungan.

“Kalaupun misalnya PPKM darurat itu arahnya ke PSBB, ini seperti apa pembatasannya? Oleh sebab itu kita harus tunggu dulu, sebab tidak tahu apa yang nanti akan disampaikan pemerintah. Di grup Komisi IX DPR Kesehatan, ditanya oleh anggota terkait dengan isu pemberlakuan PPKM darurat ini, Menteri Kesehatan menjawab bahwa nanti akan di jelaskan oleh salah seorang Menko,” tambahnya.

Oleh sebab itu, Saleh menambahkan jika lebih baik masyarakat sabar menunggu, dan jangan mendahului pemerintah. Jika kata PPKM darurat yang dipakai, maka masyarakat harus mendengarkan definisinya juga. Sebab belum ada bocoran secara teknis terkait dengan PPKM Darurat, dan semua pihak juga sedang menunggu kebijakan apa yang akan diambil oleh istana.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini