Cara Merias Wajah untuk Pemilik Kulit Rawan Eksim

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 611 2432861 cara-merias-wajah-untuk-pemilik-kulit-rawan-eksim-6BjKYbtE08.jpg Ilustrasi (Foto : Healthline)

MERIAS wajah merupakan permainan yang menyenangkan bagi wanita. Bahkan bagi mereka yang memiliki kulit rawan eksim sekalipun! Akan tetapi, jika Anda tidak mempertimbangkan cara me-makeup wajah pada kulit yang rentan eksim, Anda mungkin harus berurusan dengan rasa gatal yang tidak nyaman.

Eksim adalah suatu kondisi di mana area kulit tertentu bergejolak dan sering menunjukkan tanda-tanda kekeringan, kemerahan dan menyebabkan gatal-gatal dan kulit mengelupas. Jadi, jika Anda memiliki kulit yang rentan terhadap eksim, tindakan pencegahan tertentu perlu dilakukan saat menggunakan riasan.

Bagaimanapun, Anda harus selalu mengutamakan kulit Anda! Karenanya, dilansir MNC Portal Indonesia dari laman Femina India pada Rabu (30/6/2021), berikut beberapa cara merias wajah Anda jika Anda memiliki kulit yang rawan eksim.

Tenangkan kulit Anda

Masker Oatmeal

Pertama dan terpenting selalu menenangkan kulit Anda. Oleskan kompres dingin untuk mengurangi peradangan. Anda juga dapat mencoba rendaman oatmeal di mana Anda merendam otameal dalam semangkuk air dan kemudian membasahi kain kasa bersih ke dalam air dan langsung mengoleskannya pada kulit.

Gunakan riasan hipoalergenik

Pastikan produk riasan dasar apa pun yang Anda pilih bersifat hipoalergenik. Ini secara khusus cocok untuk mereka yang memiliki jenis kulit sensitif atau rentan eksim. Bebas pewangi adalah faktor lain yang baik untuk dicari dalam produk riasan Anda karena wewangian juga dapat mengiritasi kulit.

Baca Juga : 5 Makeup Wajib untuk Mata agar Tetap Cetar saat Pakai Masker

Gunakan primer atau petroleum jelly

Sebelum memulai dengan alas bedak dan concealer, lindungi kulit Anda dengan mengoleskan krim penghalang tebal atau primer riasan. Petroleum jelly adalah salah satu produk penghalang luar biasa yang akan mengunci kelembapan sehingga kulit Anda tidak kering dan juga melindungi kulit dari riasan. Primer hidrasi juga merupakan pilihan yang bagus.

Pilih makeup dengan formula krim

Perawatan Wajah

Hindari bedak dan beralih ke produk berbasis krim sebagai gantinya. Bedak hanya akan mengeringkan kulit Anda dan membuatnya rentan terhadap eksim.

Pilih alas bedak krim daripada bedak atau bahkan yang cair karena pada akhirnya akan mengering dan menempel di kulit. Bahkan untuk highlight dan kontur Anda, cobalah highlighter dan bronzer stik berbasis krim alih-alih format bedak. Formula krimnya nyaman dan tidak membuat kulit kering.

Jangan gunakan kuas atau spons

Coba gunakan jari Anda alih-alih kuas rias dan alat spons. Kuas dan spons cenderung menyebabkan gesekan dan dapat mengiritasi kulit yang rentan eksim.

Menepuk-nepuk riasan dasar dengan jari-jari Anda akan memberi Anda hasil yang jauh lebih baik dan jika Anda suka, Anda dapat mengetuk kuas atau spons dengan lembut untuk efek pencampuran yang ringan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini