Nasi Aman bagi Penderita Diabetes Dimasak dengan Rice Cooker Khusus dari eMShop

MNC Media, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 612 2432729 nasi-aman-bagi-penderita-diabetes-dimasak-dengan-rice-cooker-khusus-dari-emshop-LfNpSZe6Ax.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DIABETES merupakan penyakit akibat penumpukan gula dalam darah yang dapat menyebabkan komplikasi fatal, seperti stroke atau serangan jantung. Oleh karena itu, banyak orang menganggap diabetes sebagai silent killer.  

Kekhawatiran akan diabetes membuat lahirnya mitos, terutama terkait dampak asupan makanan yang dianggap dapat memicu kadar gula di dalam darah. Ada beberapa dari mitos yang beredar di masyarakat itu perlu diluruskan, salah satunya tentang dampak nasi bagi penderita diabetes.

Ada anggapan dari sebagian orang, penderita diabetes tidak boleh makan nasi. Pada kenyataannya, tidak lah demikian. Penderita diabetes diperbolehkan makan nasi, namun dengan porsi yang terbatas.

Trio Macan yang beranggotakan Vira, Nanda dan Elok mengatakan sudah sejak lama mengetahui nasi putih memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga harus membatasi diri mengonsumsi nasi.

”Sepengetahuan kami, nasi putih memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Jadi kalau untuk orang yang memiliki risiko atau riwayat diabetes, sebaik dikurangi. Sejak lama kami membatasi diri untuk mengonsumsi nasi dan menggantinya dengan kacang atau ubi-ubian," kata para personel Trio Macan kepada celebrities.id, Selasa (29/6/2021).

Hal senada disampikan Clarissa Ardhita Putri. Penyanyi cantik ini mengatakan tidak menjalani diet, tapi juga tidak mengonsumsi nasi secara berlebihan. Semua jenis makanan dikonsumsi dengan porsi yang pas dan sesuai iebutuhan. 

Diabetes

“Kalau dari yang aku tahu, nasi memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan meningkatkan risiko diabetes,” ujar Clarissa Ardhita Putri.

Baik gandum atau nasi mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Namun, bukan berarti penderita diabetes tidak dapt menikmati nasi atau gandum. Dengan porsi terbatas dan diatur oleh ahli gizi, penderita diabetes dapat tetap menyantap nasi sebagai menu makannya, dikutip dari P2PTM Kementerian Kesehatan RI.

Melihat tingginya kasus penderita diabetes saat ini, eMShop, salah satu eCommerce terbesar di bawah MNC Group hadir memberikan solusi yang dapat membantu pelanggannya agar terhindar dari risiko diabetes. Salah satunya dengan menggunakan alat penanak nasi atau rice cooker rendah kalori. 

"Rice cooker yang kami jual berbeda dengan rice cooker biasa. Selain fungsinya sebagai penanak dan penghangat nasi, Smart Keuken bisa digunakan untuk memasak menu masakan seperi soup, porridge dan lain-lain. Ada dua inner pot di dalamnya, ini yg sangat berbeda dari rice cooker biasa. Fungsinya untuk menyaring air membuat nasi lebih rendah kalori," ucap Khilqa Putri selaku Head Meechandiser eMShop.

Penanak nasi umumnya berfungsi hanya memasak dan menghangatkan nasi saja. Lain halnya dengan Smrat Keuken Rice Cooker Low Carbo dari eMShop. Penanak nasi ini dapat mengurangi kadar gula pada beras yang dimasak hingga 50 persen, menjadikan nasi lebih sehat untuk dikonsumsi. 

Dengan desain yang elegan dan material produk terbaik, menjadikan Smart Keuken Rice Cooker Low Carbo dari eMShop ini terbaik di kelasnya. Produk ini dilengkapi dengan 13 fungsi menu utama untuk memasak, seperti Low Sugar, Rice Cooker, Multigrain, Stew, Steam, Soup, Porridge, Baby Porridge, Yoghurt, Cake, Reheat, Preset dan Keep Warm. 

eMShop menawarkan beragam produk eksklusif pilihan terbaik bagi Anda. Sebagai Online Specialty Store terbesar, eMShop memberikan kemudahan layanan pemesanan dan pengantaran dengan jaminan gratis ongkos kirim bagi seluruh pelanggan di Indonesia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini