Bisakah Alergi Susu Sapi Disembuhkan?

Antara, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 21:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 612 2432865 bisakah-alergi-susu-sapi-disembuhkan-gSewLDo5AG.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KONDISI tubuh Manusia memang tidak sama satu dengan lainnya. Ada beberapa orang yang bisa menerima mengonsumsi makanan atau minuman sepuasnya, tapi ada juga yang tidak bisa banyak atau bahkan tidak bisa sama sekali.

Kondisi tersebut, biasanya disebut dengan alergi. Ada banyak macam alergi, dari benda seperti metal hingga minuman seperti susu sapi. Lantas, apakah alergi bisa disembuhkan?

Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K), M.Kes. dokter anak konsultan alergi imunologi sekaligus Guru Besar Universitas Padjadjaran mengatakan bahwa anak yang mengalami alergi khususnya susu sapi akan mengalami remisi atau mengurangnya tanda klinis pada suatu penyakit.

Pada tahun pertama atau berusia setahun, alergi anak terhadap susu sapi berkurang 45 persen- 55 persen. Memasuki tahun kedua, berkurang lagi sebanyak 60 persen - 75 persen terhadap alergi.

"Pada tahun ketiga dia sampai 90 persen, dia tidak alergi lagi dan tahun kelima hampir 100 persen anak-anak yang tadinya alergi susu sapi, dia tidak alergi lagi," ujar Prof. Budi.

Susu sapi

Sementara itu, untuk anak yang menderita alergi susu sapi, Prof. Budi menyarankan untuk diberikan susu formula khusus asam amino atau susu hidrolisa ekstensif. "Kalau mahal atau susunya sudah didapat boleh diberikan susu formula soya," kata Prof. Budi.

Menurut Prof. Budi, susu formula soya saat ini bukan hanya sekadar susu kedelai biasa. Banyak susu soya khususnya untuk anak-anak yang sudah ditambahkan vitamin, mineral dan protein.

"Jadi berdasarkan hasil penelitian, dibandingkan anak dengan ASI, susu formula sapi dan susu soya, ternyata pertumbuhan perkembangannya tidak jauh berbe, da, bahkan sama, jadi bunda tidak perlu khawatir," ujar Prof. Budi.

Prof. Budi melanjutkan, Organisasi Alergi Dunia (WAO) juga menyarankan pemberian probiotik baik untuk pencegahan dan pengobatan alergi. 

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini